Cara Ganti Rantai Keteng Satria Fu Agar Bunyi Kasar Hilang

Posted on

Cara Ganti Rantai Keteng Satria Fu Agar Bunyi Kasar Hilang – Dalam sebuah kendaraan khususnya roda dua salah satu masalah yang menyerang sepeda motor Suzuki Satria Fu 150 cc ialah suara mesin yang berisik. Yang dimana penyebabnya dapat macam-macam bisa dari oli mesin yang kurang atau rantai timming yang mulur.

Pengertian Timming Chain

Timming chain atau lebih populer disebut dengan rantai keteng ialah sebuah tali baja yang menghubungkan poros engkol dengan noken as atau camshaft. Lalu apa fungsinya?? Fungsi rantai keteng sendiri adalah menerima putaran yang berasal dari crankshaft. Putaran tersebut berguna untuk menggerakkan camshaft yang terletak di cylinder head.

Nah kita ketahui pada mesin 4 tak harus dilengkapi dengan mekanisme katup. Mekanisme ini digerakan oleh tenaga mesin itu sendiri dari poros engkol dan rantai inilah yang akan menghubungkan putaran engkol mesin dengan noken as selaku penekan katup.

Meski berbahan baja, rantai ini bisa mulur, kita tahu logam merupakan sebuah material yang bisa mengalami pemuaian jika dikenai panas secara terus menerus. Hal inilah yang menyebabkan rantai timming satria menjadi molor. Apalagi mesin Fu ini sudah mengusung dual overhead camshaft “DOHC” yang sehingga gaya yang diterima rantai lebih berat karena harus memutar dua poros sekaligus.

Hal inilah yang dapat membuat rantai mesin Satria lebih cepat molor, apa pengaruhnya terhadap mesin?? kita bayangkan saja pada rantai penggerak roda dibelakang. Jika kondisinya kendor pasti akan terdengar suara berisik, ini juga berlaku pada rantai keteng Satria.

Baca Juga :  Kelebihan Memakai Stabilizer Rantai Pada Motor

Solusinya beberapa pemilik memilih untuk mengganti tensioner, rantai ke tipe manual. Sehingga ketegangan rantai bisa diset semua kita. Namun cara ini bisa berakibat fatal apabila kita melakukan setting yang tidak tepat. Bahkan rantai bisa putus, oleh sebab itu dengan mempertahankan tensioner default kalian dapat mengganti rantai yang kendor dengan rantai baru yang tentunya lebih aman.

Cara Mengganti Rantai Keteng Mesin Satria Fu

Untuk melakukan penggantian ini bisa dibilang pekerjaan yang lumayan berat karena berurusan dengan Top mesin. Jika tidak tepat maka mesin bisa tidak hidup kembali, namun pada list dibawah ini akan kita bahas step by step melepas dan memasang rantai timming Satria. Pastikan juga dalam melakukan langkah dibawah kalian sudah memiliki alat yang memadai.

Langkah Pelepasan

Adapun untuk langkah-langkah pelepasan yang diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama kuras oli mesin, bila akan dipakai kembali maka tampung dengan menggunakan wadah yang bersih.
  • Lepas area penutup cover atas head silinder menggunakan kunci bintang.
  • Lepas pula penutup poros magnetic di area bawah untuk memutar poros engkol.
  • Posisikan piston pada psosisi Top, posisi Top ialah keadaan dimana piston berada pada sudut 0 derajat TMA saat akhir langkah kompresi, pada kondisi ini keempat katup mesin dalam posisi terbebas.
  • Untuk memposisikan Top, kalian bisa melihat tanda yang ada pada magnetic dan tanda panah pada kedua gear camshaft, pastikan menunjukan arah keatas dalam posisi katup tidak tertekan.
  • Sebenarnya langkah memposisikan piston ini tidak diperlukan saat awal, namun ini untuk jaga-jaga agar antara crankshaft dan camshaft berada pada langkah yang tepat.
  • Selanjutnya, lepas bagian poros nok, kalian harus melepas braket pengikat poros nok untuk melepasnya.
  • Jangan lupa untuk mengendorkan tensioner dibagian samping mesin agar poros nok dapat diambil.
  • Setelah poros nok terlepas maka lepas bagian cover samping bawah mesin, cover ini merupakan cover altenator pada mesin satria Fu.
  • Setelah terlepas maka kalian akan melihat magnetic rotor sebagai penghasil tegangan listrik, lokasi timming ada dibalik magnetik ini. Sehingga kalian perlu melepas magnetik menggunakan traker, pastikan saat melepas baut magnet, posisi piston tidak berputar.
  • Setelah terlepas kalian akan melihat roda gigi crankshaft, sebelum mengangkat timming chain, mungkin ada roda gigi starter yang mengganggu kalian bisa menariknya untuk melepaskan.
  • Saat ini kondisi diarea roda gigi sudah lenggang kalian bisa langsung melepasnya dari arah atas.
Baca Juga :  Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak

Langkah Pemasangan

Adapun langkah pemasangan diantaranya:

  • Masukan rantai timming baru dari arah atas mesin.
  • Kaitkan rantai dengan roda gigi crankshaft.
  • Setelah itu, pasang kembali gear starter dan magnetic rotor, jangan lupa kencangkan murnya.
  • Selesai bagian bawah, kalian langsung memasang rangkaian poros nok di head cylinder.
  • Pasang sesuai dengan posisi top sebelumnya, dimana tanda panah menunjukan ke arah atas.
  • Kaitkan rantai dengan roda gigi camshaft.
  • Posisikan crankshaft dan camshaft pada posisi Top, dengan melihat panah pada kedua gear camshaft. Panah pada noken buang menunjuk ke atas “2”, sementara noken hisap yang berada dibelakang “panah3” juga harus menunjuk keatas.
  • Untuk posisi top cranshaft bisa kalian lihat pada magnet yang memiliki arah panah yang juga menunjuk sejajar ke atas.

  • Setelah yakin bahwa posisi piston sudah benar lanjut pasang pengikat poros nok.
  • Pasang dan kencangkan tensioner rantai agar rantai bisa lebih tegang.
  • Terakhir pasang seluruh cover mesin yang dilepas tadi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Ganti Rantai Keteng Satria Fu Agar Bunyi Kasar Hilang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂