7 Macam Kerusakan Motor

Posted on

Kerusakan Motor Yang Sering Terjadi – Perawatan merupakan sebuah langkah pencegahan yang bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghindari kerusakan dari peralatan dengan memastikan tingkat keandalan dan kesiapan serta meminimalkan biaya perawatan.

Perawatan secara umum berfungsi untuk memperpanjang umur ekonomis dari mesin dan peralatan produksi yang ada serta mengusahakan agar mesin dan peralatan produksi tersebut selalu dalam keadaan optimal dan siap pakai untuk pelaksanaan proses produksi.

Bagi pengguna kendaraan baik menggunakan roda empat maupun roda dua seperti sepeda motor tidak selalu sehat terus tentunya menemukan persoalan di kendaraan tersebut nah untuk memahami apa saja macam rusaknya pada sepeda motor tersebut ini.

Akibat Kompresi Mesin Lemah

  • Mesin sukar hidup / tidak dapat hidup sama sekali
  • Pada mesin dapat hidup tapi tidak ada tenaganya
  • Pemakaian bahan bakar menjadi boros
  • Timbul suara menggelitik pada bagian blok silinder ( detonasi )

Mesin Mendadak Mati Ketika Dibawa Jalan

Pada bagian platina tidak bekerja dengan prima atau sama sekali tidak bekerja akibat berasal dari baut platina yang longgar atau tidak kencang, Pada kabel pengapian lepas atau longgar, Bensin tidak turun terhadap karburator, Jet utama dan jet langsam terhadap karburator tersumbat, Piston macet di dalam lubang silinder akibat overheating.

Pemakaian Bahan Bakar Boros

  • Tersumbatnya saringan udara dibagian belakang karburator
  • Banyaknya karbon pada ruang bakar karbon ini terbentuk akibat terbakarnya oli pelumas yang mengeras berupa arang yang menempel pada puncak torak dari ruang bakar
  • Sistem pemakaian yang kurang tepat
  • Kompresi rendah
  • Kerusakan yang terjadi yaitu seher cincin seher dan lubang silinder
Baca Juga :  Penyebab Satria F150 Boros Bensin

Akselerasi Mesin Kurang Sempurna

  • Saluran-saluran atau lubang-lubang didalam karburatornya kotor
  • Businya tidak menyala secara konstan yang disebabkan kotor ( kerenggangan busi terlalu rapat )
  • Gas sisa pembakaran tidak dapat keluar secara lancar dari knalpot
  • Saringan udara yang tersumbat akan mempengaruhi komposisi bensin dan udara sehingga campuran terlalu kaya
  • Pada saat pengapian yang kurang tepat terlalu cepat menyala atau terlalu lambat menyalanya7 Macam Kerusakan Motor Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

Mesin tenaga hilang

Bos katup benar-benar sempit lubangnya agar katup menjadi tidak lancar untuk bekerja, Pegas katupnya lemah atau patah perbaikannya mesti pindah yang baru, Waktu pembukaan dan penutupan katup tidak tepat perihal ini berarti poros pertalian ( noken as ) mesti disetel kembali pada posisi top.

Terjadi kebocoran kompresi akibat kerusakan paking kepala silinder, Seher, cincin seher dan lubang silinder usang, Tempat kedudukan businya rusak perihal ini berarti mesti dibuat alur dudukan busi yang baru.

Keluar Asap Putih Dari Knalpot

  • Seher, ring seher dan lubang silinder aus / rusak
  • Terlalu banyak mengisi oli pelumas
  • Tekanan pompa oli terlalu tinggi
  • Penggunaan mutu oli yang kuirang baik

Mesin Hidupnya Tersendat-Sendat Setelah Dipanaskan

  • Busi yang kadang kala mengeluarkan api kadangakal tidak
  • Koil pengapian sudah mau rusak
  • Penyetelan pelampung kurang tepat

Demikianlah pembahasan mengenai Kerusakan Motor Yang Sering Terjadi semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂