√ Perhatikan Hal Ini !! Saat Ganti Bearing Kruk As Rx King,, Yuk Simak

Posted on
√ Perhatikan Hal Ini !! Saat Ganti Bearing Kruk As Rx King,, Yuk Simak
5 (100%) 1 vote

Bearing Kruk As Rx King – Poros engkol atau yang bahasa Inggrisnya Crankshaft, biasanya mekanik juga  menyebutnya kruk as merupakan sebuah bagian pada mesin yang mengubah gerak vertikal/horizontal dari piston menjadi gerak rotasi “putaran”.

Dan untuk mengubahnya sebuah crankshaft membutuhkan pena engkol “crankpin”, sebuah bearing tambahan yang diletakkan di ujung batang penggerak pada setiap silindernya. Ruang engkol “crankcase” akan dihubungkan ke roda gila “flywheel” atau roda mobil sehingga mobil bisa bergerak.

Perhatikan Hal Ini !! Saat Ganti Bearing Kruk As Rx King,, Yuk Simak

Pengertian Kruk As/Crank Shaft/Poros Engkol

Crankshaft/Poros engkol menjadi suatu komponen utama dalam suatu mesin pembakaran dalam. Crankshaft menjadi pusat poros dari setiap gerakan piston. Pada umumnya crankshaft berbahan besi cor karena harus dapat menampung momen inersia yang dihasilkan oleh gerakan naik turun piston.

Sehingga fungsi utama dari crankshaft ialah mengubah gerakan naik turun yang dihasilkan oleh piston menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi. Crankshaft harus terbuat dari bahan yang kuat dan mampu menahan beban atau momen yang kuat karena crankshaft harus menerima putaran mesin yang tinggi.

Fungsi Kruk As/Crank Shaft/Poros Engkol

Fungsi poros engkol ialah untuk mengubah gerak naik turun piston “torak” menjadi gerak putar yang akhirnya dapat menggerakan roda gila “fly wheel”. Tenaga yang dipergunakan untuk menggerakkan roda kendaraan dihasilkan pada oleh hasil pembakaran “langkah usaha”, kemudian hasil pembakaran ini dapat menggerakkan torak, kemudian melalui batang torak dan diubah menjadi gerakan putar oleh poros engkol atau crankshaft.

Simak Juga :   Cara Menggunakan Cuk Agar Irit Bensin Pada Motor

 Poros engkol menerima beban yang sangat besar dari piston “torak” dan connecting roda. ditambah dengan cara kerjanya yang bekerja pada kecepatan tinggi. Dengan alasan tersebut maka poros engkol biasanya dibuat dari baja karbon dengan tingkatan dan daya tahan yang tinggi dan dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi.

Crank shaft ini akan menerima tenaga atau beban yang sangat besar, selain itu juga poros engkol berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka dari itulah poros engkol harus terbuat dari bahan yang berkualitas, persyaratan bahan pembuat poros engkol antara lain:

  • Kuat tahan terhadap pembebanan yang berubah-ubah.
  • Permukaan pada bantalan harus tahan terhadap tekanan tinggi dan keausan umumnya poros engkol terbuat dari baja karbon dengan tingkatan dan daya tahan yang sangat baik.

Perhatikan Hal Ini,, Saat Ganti Bearing Kruk As

Bearing kruk as walau bukan termasuk part fast moving namun seiring pemakaian bearing kruk as bisa saja aus. Kerusakan bearing kruk as bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni perawatan. Oli mesin yang jelek sangat memungkinkan membuat bearing rusak.

√ Perhatikan Hal Ini !! Saat Ganti Bearing Kruk As Rx King,, Yuk Simak

Terlebih kinerja bearing kruk as bekerja dengan berat karena menahan beban puntir kruk as dan lontaran pembakaran. Dengan demikian dibutuhkan pelumasan yang benar-benar prima. Untuk penggantian bearing tersebut membutuhkan pembongkaran mesin total alias turun mesin.

Indikasi bearing rusak bisa didengar dari suara mesin yang kasar dibagian tengah. Bearing kruk as rusak membuat putaran kruk as tidak stabil. Bila didiamkan kerusakan bisa merembet, mulai dari kruk as yang tidak center sampai setang piston yang rusak.

Dalam penggantian juga ada cara yang benar, kalau salah-salah juga berakibat fatal. Dan memilih bearing juga harus mengerti kodenya, biasanya kanan dan kiri berbeda. Disamping kede bearing, hal ini akan lebih bagus jika juga menggunakan merk yang sama.

Simak Juga :   Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless

Bila hal demikian ini bearing tidak sesuai dengan merk aslinya maka suara kasar setelah turun mesin. Saat kruk as digoyangkan kekiri dan kekanan, kruk as tersebut bergerak seharusnya tidak boleh demikian. Setekah dibongkar juga bearing kruk as tersebut oblak dari crankcase.

Jadi saat motor hidup, diameter luar bearing pun akan ikut berputar dan hal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Dan bila didiamkan maka rumah bearing kruk as di crankcase pun akan menjadi rusak dan crankcase pun tidak bisa dipakai lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai Perhatikan Hal Ini !! Saat Ganti Bearing Kruk As Rx King,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂