√ Simak 5 Tips Berikut,,, Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas !!

Posted on
√ Simak 5 Tips Berikut,,, Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas !!
5 (100%) 1 vote

Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas – Blok mesin merupakan salah satu bagian yang terbilang paling penting di sepeda motor, termasuk pada produk garapan Yamaha, menjaga kebersihan dan kesehatannya akan membuat motor Yamaha kalian lebih awet dan nyaman digunakan untuk beraktivitas setiap hari.

Namun terkadang meski sudah rajin merawatnya ada saja masalah yang muncul. Misalnya ialah pada bagian blok mesin ini terasa cepat panas padahal baru berkendara dalam durasi yang tidak terlalu lama.

Simak 5 Tips Berikut,,, Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas !!

Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas

Nah khusus untuk kalian para pengguna motor Yamaha, berikut ini beberapa tips yang wajib kalian terapkan agar blok mesin Yamaha kalian tidak cepat panas,, simak ulasannya dibawah ini:

Dengan Rajin Ganti Oli Sesuai Jadwal

Pada bagian mesin oli memiliki peran yang sangat vital sebagai pelumas yang meminimalisir gaya gesekan antar komponen didalamnya, karena itu, oli berkualitas tinggi sangat dibutuhkan untuk menjaga mesin tetap sehat.

Kalin pun juga harus paham spesifikasi oli yang paling sesuai dengan motor Yamaha kalian tersebut. Jangan asal mengganti oli sendiri, padahal belum tentu cocok. Dan cara paling mudah supaya tidak terjadi kesalahan dalam spesifikasi oli ialah dengan mengganti di bengkel resmi atau setidaknya bertanya dulu ke bengkel langganan kalian tersebut.

Simak Juga :   "Tips & Trik" Memasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor

Tidak hanya soal dalam menggunakan oli yang bagus, kalian juga harus rajin mengganti oli sesuai dengan jadwal supaya kinerjanya lebih optimal. Meski motor Yamaha kalian jarang digunakan selalu ganti oli setidaknya setiap 2-3 bulan sekali.

Dengan Memeriksa Sistem Pendingin

Selain oli, tips lainnya yang dapat kalian lakukan saat merasa blok mesin Yamaha kalian cepat panas ialah dengan memeriksa radiator atau sistem pendingin mesin.

Misalnya pada Yamaha Vixion yang memakai liquid coolant. Kalian harus pastikan cairan pendingin pada radiator tidak kurang dari standar yang ditentukan. Pastikan pula sirkulasi cairan pendingin berjalan dengan baik supaya dapat bekerja secara optimal.

Untuk itu kalian juga harus mengetahui apakah sistem pendingin pada motor Yamaha kalian dalam keadaan yang baik atau tidak. Bisa jadi kurangnya cairan pendingin disebabkan karena ada bagian yang bocor. Jika memang demikian segera dilakukan perbaikan.

Cek Kipas Pendingin

Selain liquid coolant beberapa motor Yamaha juga menggunakan kipas pendingin untuk menjaga suhu blok mesin. Letak kipas ini biasanya ada dibelakng radiator dan ukurannya tidak terlalu besar. Nantinya kipas akan berputar saat suhu mesin mulai naik.

Nah jika kipas tersebut rusak akibatnya ialah blok mesin Yamaha kesayangan kalian terasa lebih panas dari normalnya. Bahkan bisa-bisa terjadi overheat saat mesin motor sedang bekerja berat.

Jika kalian sudah mengetahui kipas pendingin tidak berputar, segera perbaiki, jangan menunda-nunda jika tidak ingin akibatnya lebih parah lagi.

Jangan Sering Menahan Di Rpm Tinggi

Kalau yang satu ini terkait dengan gaya berkendara kalian yang gemar menggeber motor pada Rpm tinggi. Tahukah kalian menahan mesin di Rpm tinggi dapa berakibat buruk ?? pasalnya ketika ada di Rpm tinggi, mesin bekerja keras dan lebih cepat panas.

Simak Juga :   √ Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya

Simak 5 Tips Berikut,,, Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas !!

Ubahlah gaya berkendara kalian dengan menjaga putaran mesin di angka yang tidak terlalu tinggi. Sesuaikan tarikan gas dengan kebutuhan, jika memang ingin ngebut pastikan kalian tidak bertahan di kecepatan dan Rpm tinggi terlalu lama. Sekali-sekali kurangi tenaga agar mesin beristirahat sejenak.

Dengan Menyetel Kerapatan Piston

Tips yang lainnya dapat kalian lakukan jika blok mesin motor Yamaha kalian terasa cepat panas ialah dengan menyetel kerapatan piston. Jangan terlalu rapat karena akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa, yang nantinya bakal menghambat pelumasan oli.

Selain itu, kondisi piston yang terlalu rapat juga berpotensi merusak blok mesin Yamaha kalian, ada baiknya segera cek atau segera dilakukan perbaikan jika kurang paham serahkan pada ahlinya seperti apa kerapatan piston yang sesuai dengan standar pabrikan.

Demikianlah pembahasan mengenai Simak 5 Tips Berikut,,, Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas !! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂