√ Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi,, Dari Tindakan Pencurian

Posted on
√ Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi,, Dari Tindakan Pencurian
5 (100%) 1 vote

Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi – Dalam hal ini banyak yang kebingungan, di satu sisi pencurian motor merajalela, dan sementara di sisi lain motor sudah menganut sistem bahan bakar injeksi. Sehingga dikhawatirkan kalau pasang alarm akan dapat mengundang kerusakan motor menjadi fatal.

Apalagi untuk jumlah motor injeksi sekarang variannya sudah banyak, seperti Supra X 125 Helm In PGMI-FI, Spacy Helm In PGM-FI terus Yamaha V-Ixion dan Kawasaki KLX 250. Dan setiap tahunnya bermuculan motor-motor injeksi dengan varian terbaru, makin banyak pemakai motor yang kebingungan dan jadi korban maling sialan.

Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi,, Dari Tindakan Pencurian

Nah untuk pembahasan kali ini kami memberikan pembahasan cara aman pasang alarm motor injeksi dari tindakan pencurian,, untuk lebih jelasnya simak pemaparan dibawah ini.

Fungsi Utama Alarm

Untuk fungsi utama alarm pada sepeda motor ialah mencegah terjadinya pencurian dengan memberikan kode. Alarm ini memiliki banyak bentuk mulai remote, saklar tersembunyi atau kombinasi kode.

Jika sepeda motor dinyalakan tanpa mematikan remote atau saklar tersebut, biasanya sepeda motor akan memberikan kode berupa klakson berkali-kali dan lamu yang berkedip-kedip. Tanda ini diharapkan dapat menarik orang untuk melihat sepeda motor yang bersangkutan dan menggagalkan pencurian.

Cara Kerja Alarm Pada Sepeda Motor

Secara umum untuk cara kerja alarm pada sepeda motor ialah dengan membaca arus yang mengalir melalui kabel stater atau pengapian. Caranya dengan menaruh sensor pada kabel tersebut sehingga kabel diputus dan disambung lagi dengan sensor tersebut. Ketika alarm aktif dan ada arus melewati sensor maka alarm akan bekerja dengan memberikan kode berupa klakson dan lampu menyala.

Simak Juga :   √ Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui

Meski alarm disarankan dipasang pada sepeda motor untuk mencegah pencurian namun ada beberapa model sepeda motor yang tidak perlu ditambah alarm. Sepeda motor yang telah dilengkapi pengamanan kunci bermagnet, misalnya motor ini tidak perlu ditambahi alarm karena pencuri tidak akan bisa membuka kunci “biasanya dengan kunci T” karena lubang kunci tertutup oleh pengaman tersebut.

Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi

Dalam hal ini dalam pasangan alarm motor injeksi tidak haram koq, asal pahami dulu prinsip kerjanya. Karena kalau asal pasang dikhawatirkan salah cangkok, dan akibatnya komponen injeksi yang kena imbasnya.

Untuk hal demikian paling aman yang diputus yakni kabel masa, misalnya kabel yang menuju ECM “Electronic Control Module” atau ECU “Electronic Control Unit”. Misalnya dalam pemasangan kunci rahasia, “silahkan yang diputus kabel masanya”, sehingga tidak menimbulkan korslet ketika kabel masa menyentuh bodi.

Namun bagaimana kalau alarm yang digunakan membutuhkan setrum, atau perlu aliran listrik untuk menunjang kerja alarm itu, hal ini tidak perlu kuatir. Untuk ngakali alarm yang perlu aliran listrik, bisa dibypass dari kabel setrum sebelum kunci kontak, sehingga kalau korslet tidak mengganggu komponen injeksi.

Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi,, Dari Tindakan Pencurian

Justru yang perlu untuk dicermati dalam pemilihan jenis alarm, pilih yang memutus kabel masa, sehingga lebih aman dan tidak memakan setrum dari aki, supaya kerja komponen injeksi tetap stabil.  Dan paling penting lagi, perhatikan jangka waktu garansi, untuk kelistrikan biasanya hanya berlaku satu tahun, dan kalau ketahuan terdapat alarm bisa dianggap gugur.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Aman Pasang Alarm Motor Injeksi,, Dari Tindakan Pencurian semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂