√ Cara Membeli Motor Lelang Dengan Harga Terbaik,,, Yuk Simak

Posted on

Cara Membeli Motor Lelang – Nah dimana kalian biasa membeli motor bekas ?? selain dealer, kalian bisa mendapatkan sarana transportasi tersebut di acara lelang. Bukan hanya tersedia lebih banyak pilihan, kalian pun dihadapkan pada harga terbaik sesuai dengan budget serta kualitas.

Dan salah satu penyelanggara terbesar ialah JBA Indonesia, karena cabang di berbagai kota. Kalian bisa mendapatkan kendaraan idaman disini dengan mengetahui cara membeli motor lelang sebagai berikut ini.

Lantas Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli ??

Nah sebelum kalian berangkat ke lokasi lelang, kalian dapat mengunjungi situs resmi JBA terlebih dahulu untuk melihat-lihat kendaraan idaman. Saat acara open house berlangsung, kalian diperbolehkan memeriksa fisik serta dokumen unit motor.

Lantas Apa Yang Harus Dilakukan Saat Acara Open House Berlangsung ??

Kalian akan diarahkan untuk mengisi daftar tamu terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan. Meski dipersilakan memeriksa baik fisik dan dokumen unit motor, kalian tidak diperbolehkan mengambil, merusak, memindahkan atribut nomor, tulisan atau tanda-tanda pada objek lelang.

Dan kalian bisa mengikuti kegiatan tersebut kalau memiliki Nomor Induk Peserta Lelang “NIPL” dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu di konter JBA sesuai kota domisili. Dan selain menyertakan kartu pengenal seperti KTP, kalian diminta membayar ruang jaminan sebesar Rp 1.000.000 per lot hingga Rp 15.000.000 untuk maksimal 30 unit. Agar meringankanmu kalian disarankan daftar sebagai member.

Simak Juga :   √ Ini Loh!! Cara Memasang Lampu Hid Pada Motor “Aman Dan Awet”

Pada saat lelang berlangsung, kalian akan menawar motor secara lisan dengan sistem kenaikan nominal dari pajabat serta pemandu yang bertugas. Kalian dapat mengajukan harga dengan kelipatan Rp 100.000 untuk mendapatkan kendaraan idamanmu.

Dan selama lelang berlangsung kalian harus menaati semua peraturan agar tidak didiskualifikasi atau dikeluarkan. Untuk mendapatkan kendaraan idamanmu, kalian pun perlu mengajukan penawaran dengan harga tertinggi.

Lantas Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Memenangkan Lelang ??

Setelah memenangkan lelang motor, kalian diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp 300.000 untuk setiap unit. Kalau harga kendaraan roda dua tersebut mencapai lebih dari Rp 50.000.000 maka dikenakan biaya tambahan sebesar 0,6% sebagai admin fee.

Dan kalian bisa membayar pelunasan lelang paling lambat lima hari kerja terhitung dari saat kalian memenangkan motor iancaranmu. Dan setelah kalian melunasi tagihan kerekening JBA maka dilakukan serah terima dokumen serta kendaraan dengan menyerahkan bukti transfer asli.

Pada tahap cara membeli motor lelang berikut, kalian harus mengembalikan NIPL kalau sampai hilang kalian akan didenda sebesar Rp 500.000. Dan begitu pula saat kalian memutuskan untuk membatalkan lelang. Uang jaminan yang sudah kalian bayarkan pun hangus.

Dan hal yang sama pun berlaku kalau kalian tidak memenangkan lelang. Uang jaminan akan diberikan secara utuh tanpa potongan sama sekali kalau kalian mengembalikan NIPL. Jadi simpan baik-baik ya selama proses belum benar-benar selesai.

Dan pengembalian uang dilakukan dalam dua “rekening BCA” dan lima hari kerja “selain rekening BCA”. Proses ini dilakukan setelah kalian menyampaikan permohonan dalam bentuk formulir yang disediakan beserta NIPL.

Dan apabila setelah pelunasan kalian tidak mengambil motor lebih dari dua hari, maka panitia akan menetapkan biaya penitipan sebesar Rp 100.000 untuk setiap unit per keterlambatan, kalian pun boleh mengambil motor lelang setelah melunasi tarif tersebut.

Simak Juga :   [Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Lantas Bagaimana Cara Membeli Motor Lelang Secara Online ??

Kalau kalian tidak bisa mengikuti lelang secara langsung, kalian bisa mencoba cara lain melalui online. Selain lebih fleksibel, harga yang ditawarkan pun sama seperti di floor atau aula saat open house berlangsung. Nah berikut tahapan yang bisa kalian ikuti yaitu:

  • Login ke situs resmi JBA.
  • Mengisi formulir sesuai dengan data diri.
  • Memilih jenis lelang yang ingin diikuti.
  • Memilih daerah lelang yang akan kalian ikuti.
  • Lelang dimulai sesuai nomor lot dengan menekan tombol “bid”.
  • Apabila kalian kalah pada sesi atau lot satu, kalian bisa mengikuti lelang lagi di kesempatan selanjutnya.
  • Ketika kalian memenangkan lelang, maka akan muncul pop-up Klik “Ok” lalu kembali kelayar bidding.

Ketentuan Lain Saat Lelang Motor

Untuk menertibkan peserta lelang panitia memberikan beberapa ketentuan seperti semua proses tidak boleh diwakilkan, kecuali disertai dengan surat kuasa beserta KTP. Selain itu objek tidak bisa ditukar sebagian atau keseluruhan.

Kalian dapat melayangkan komplain nomor rangka serta nomor mesin maksimal satu bulan sejak tanggal lelang. Dan sementara untuk pengajuan BPKB blokir, BPKB duplikat dan BPKB yang balik nama bisa kalian lakukan hingga batas tiga bulan.

Hal lain yang cukup berpengaruh pada proses lelang ialah pengecekan fisik serta dokumen kendaraan, karena terkadang ada peserta yang melewati tahapan ini. Padahal panitia sangat menyarankan agar kalian terhindar dari kerugian.

Dan tidak sulit bukan cara membeli motor lelang diatas ?? selain tidak memerlukan proses panjang yang rumit, kalian berkesempatan untuk melakukan transaksi secara online. Dan sementara itu hal menarik lain yang akan kalian dapatkan ialah diberikan fasilitas komplain.

Simak Juga :   Ini Alasannya, Kenapa Motor Injeksi Lebih Irit Menggunakan Pertamax?

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membeli Motor Lelang Dengan Harga Terbaik,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂