√ Ternyata Mudah,, Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat,,, Yuk Simak

Posted on
√ Ternyata Mudah,, Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat,,, Yuk Simak
5 (100%) 1 vote

Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat – Dalam hal ini sebagai salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diminati, inovasi sepeda motor terus berkembang pesat dengan berbagai fitur dan teknologinya. Sepeda motor kerap dimodifikasi untuk bisa memberikan performa yang cukup baik, dalam hal kondisi mesin maupun design eksteriornya.

Memodifikasi sepeda motor menjadi salah satu daya tarik dari kendaraan pribadi yang banyak dimiliki di masyarakat dan bahkan modifikasi sepeda motor sudah menjadi sebuah trend dan gaya hidup yang juga di perlombakan pada berbagai macam event.

Ternyata Mudah,, Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat,,, Yuk Simak

Dalam proses modifikasi sepeda motor ada beberapa tujuan yang tentunya diharapkan terjadi. Dua tujuan utama yang biasanya diinginkan terwujud pada sepeda motor ketika dimodifikasi ialah untuk menjadikan motor lebih memiliki performa mesin baik maupun menjadikan bentuk dari motor lebih menarik dalam hal eksteriornya.

Untuk dapat mencapai keinginan tersebut tentu akan ada proses yang harus dilewati dan terkadang kerapkali membutuhkan waktu lama hingga perlu banyak biaya yang harus dikeluarkan dalam cara modifikasi motor yang aman.

Untuk mendapatkan performa yang terbaik dalam proses modifikasi ada beberapa bagian yang menjadi fokus untuk dilakukan perubahan yang salah satunya bagian knalpot. Fungsi knalpot pada kendaraan bermotor ialah bagian yang tugasnya untuk membuang zat sisa dari proses pembakaran di dalam mesin.

Simak Juga :   [Tips Jitu] Cara Merawat Fuel Pump Yamaha V-Ixion Yang Baik

Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Salah satu hal yang kerap kali diubah dalam komponen knalpot bertujuan untuk membuat suara knalpot racing motor yang dipasang menjadi padat. Nah berikut ini beberapa cara membuat suara knalpot racing menjadi padat melalui pemaparan dibawah ini.

Selalu Cek Kebocoran Pada Knalpot

Suara pada knalpot racing kerap kali akan berubah seiring dengan usia pemakaiannya. Suara yang dihasilkan oleh knalpot racing akan menjadi tidak padat dan terkesan berbeda dari suara saat knalpot motor pertama kali dipasang.

Knalpot motor yang sudah lama kerap kali membuat suara knalpot racing menjadi tidak padat. Untuk mengembalikan dan menjadikan suara knalpot racing agar tetap padat tentu ada beberapa usaha yang dapat dilakukan salah satunya mengecek kebocoran pada knalpot.

Knalpot motor bocor kerap menjadi alasan mengapa suara dari knalpot racing yang dihasilkan kurang maksimal dan tidak padat. Untuk dapat mengetahui apakah ada kebocoran dari knalpot maka lakukan beberapa langkah berikut ini diantaranya seperti melihat adakah lubang yang memang muncul ditempat selain lubang pembuangan utama dari knalpot racing tersebut. Perhatikan suara atau bunyi yang dihasilkan dari knalpot apakah ada yang aneh seperti kebocoran udara keluar.

Dengan Mengganti Glasswool Secara Rutin

Untuk langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjadikan knalpot racing memiliki suara yang padat ialah dengan sering mengganti glasswool secara rutin. Glasswool merupakan bagian komponen knalpot motor didalam lubang knalpot yang fungsinya untuk meredam suara knalpot agar tidak pecah dan tetap padat.

Kondisi glasswool yang sudah jenuh tentu dapat menjadikan suara dari motor racing mudah pecah dan kurang maksimal. Glasswool yang sudah lama ada didalam knalpot racing dan jenus karena usia pemakaian dari knalpot.

Simak Juga :   [Tips Jitu] Cara Membuat Knalpot Bobokan Pada Motor

Ternyata Mudah,, Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat,,, Yuk Simak

Dalam mengganti glasswool ialah cara yang sangat sederhana dan murah untuk dapat menjadikan sepeda motor berperforma maksimal lagi. Pada saat proses penggantian, sesuaikan jenis glasswool dan ketebalannya dengan keinginan untuk mendapatkan suara padat pada knalpot racing sepeda motor.

Dengan Mengganti Knalpot Racing

Jika kondisi dari knalpot racing yang digunakan sudah sangat lama maka perlu untuk diperhatikan setiap kondisinya. Jika memang knalpot yang digunakan tersebut sudah tidak layak lagi maka cara utama yang dapat dilakukannya ialah dengan menggantinya.

Mengganti knalpot racing tersebut memang langkah terakhir yang bisa diambil ketika kondisi fisik knalpot sudah sangat parah dan tidak dapat diperbaiki lagi. Parahnya knalpot tersebut terjadi ketika bagian knalpot mengalami kondisi keropos dan lain sebagainya.

Melakukan Penyetalan Terhadap Knalpot

Untuk langkah selanjutnya yang dapat diambil dalam cara membuat suara knalpot racing menjadi padat ialah dengan melakukan penyetingan pada knalpot tersebut. Suara knalpot racing secara normal memang kebanyakan akan bersuara kencang, nyaring dan kurang padat ketika kondisinya sudah tidak bagus lagi atau bahkan saat pertama kali dibeli.

Setting knalpot tersebut dapat dilakukan seperti memperpendek pipa penghubung antara knalpot dan mesin maupun menggantinya. Menambah dan mengurangi glasswool hingga mengeluarkan suara yang diinginkan.

Dengan Periksa Sambungan Antara Knalpot Dan Mesin

Knalpot secara definisi merupakan komponen didalam mesin sepeda motor yang berguna untuk menyalurkan gas buang dari dalam mesin sisa proses pembakaran ke luar. Pembuangan gas buang tersebut tidak dalam langsung begitu saja karena membutuhkan proses filterasi atau penyaringan untuk mencegah gas buang berasap dan beracun bagi lingkungan sekitar termasuk pengendaranya.

Salah satu cara membuat suara knalpot racing menjadi padat ialah dengan memperhatikan sambungan antara mesin dengan knalpot pada bagian pipa apakah sudah benar atau salah yang menimbulkan kebocoran dari knalpot dan menyebabkan suaranya tidak pas atau kurang enak. Jika kondisi tersebut terjadi maka bongkar knalpot dan lakukan pemasangan ulang kembali.

Simak Juga :   Cara Memperbaiki Karburator Motor Yang Rusak

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Mudah,, Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂