√ Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Posted on

Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan bagaimana cara memilih ban motor yang tepat untuk perjalanan jauh. Untuk melakukan perjalanan jauh seperti touring ataupun mudik menggunakan sepeda motor, hal ini tentunya banyak sekali yang harus dipersiapkan.

Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Untuk hal ini tidak hanya kondisi fisik dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan, akan tetapi juga kondisi sepeda motor yang menjadi tunggangan perlu diperhatikan. Nah agar lebih memahami dan mengerti bagaimana memilih ban motor yang tepat untuk perjalanan jauh simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh

Khusus untuk perjalanan jauh dengan sepeda motor, salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian ialah ban. Ban motor merupakan bagian yang terpenting yang menopang bobot motor dan pengendaranya. Laju kendaraan juga tergantung dengan keberadaan ban ini. Jika ban sepeda motor yang digunakan tepat, maka tentunya kalian akan sampai ditujuan dengan aman dan nyaman.

Nah dalam memilih ban motor yang tepat untuk perjalanan jauh, setidaknya ada tiga faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari jenis ban yang digunakan, tingkat keausan ban, tekanan ban, sampai tipe ban yang tepat untuk digunakan menempuh perjalanan jauh.

Tips Memilih Tipe Ban Motor Terbaik

Dan berikut ini ialah beberapa tips memilih ban motor yang tepat untuk perjalanan jauh, lengkap dengan beberapa hal yang harus diperhatikan yang diantaranya yaitu:

  • Di pasaran setidaknya ada tiga motif kembangan alur ban seperti motif pattern standar, semi slick dan standar matik. Dari tiga tipe tersebut disarankan untuk menggunakan ban pattern standar. Sebab ban tipe kembangan ini memiliki banyak corak alur ban yang berfungsi untuk membelah air dan bentuknya mengikuti ban standar bawaan pabrik.
    √ Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh
  • Untuk mengenali ban yang sudah aus dan tidak layak pakai untuk perjalanan jauh, bisa dilihat dari alur garis tengah ban yang sudah rata atau habis atau ban benjol akibat tekanan yang mengembang. Artinya ban perlu segera diganti, jangan memaksakan mudik lebaran dengan kondisi ban yang aus.
  • Saat ingin melakukan perjalanan jauh, perlu juga untuk memperhatikan tekanan angin pada ban. Tekanan angin mempengaruhi kemampuan manuver dan handling motor. Tekanan angin dalam ban, harus sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan ban depan berkisar 28 psi dan belakang 32 psi. Pada kondisi jalan basah, sebaiknya tekanan angin dalam ban dikurangi, ban depan sekitar 26 psi dan belakang 30 psi.
Simak Juga :   √ Ternyata Ini,, Penyebab Motor Makan Oli Serta Solusinya,,, Yuk Simak

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh
5 (100%) 1 vote