Cara Memperbaiki Karburator Motor Yang Rusak

Posted on

Cara Memperbaiki Karburator Motor Yang Rusak – Urusan mengakali komponen rusak terkadang mekanik lokal paling jago sebab banyak ide muncul dari mereka, misalnya memperbaiki masalh dikarburator, selain triknya sederhana bahannya juga gampang didapat, kalau lagi tongpes.

Sejarah Karburator

Dalam hal ini Karburator partama kali ditemukan oleh seorang yang bernama Karl Benz pada tahun 1885 dan kemudian di patenkan pada tahun 1886. Yang pada tahun 1893 seorang insinyur kebangsaan Hungaria bernama Janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat yang serupa. Yakni Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang dalam hal ini pertama kali bereksperimen dengan menggunakan karburator pada mobil.

Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil yang pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, yang bersilinder tunggal dengan bertenaga 5 hp (4 kW) dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution).

Tidak puas dengan hasil akhir yang di dapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, maka mereka membangun ulang mesin tersebut, yang untuk kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendesain ulang pada karburator mereka.

Untuk kali ini mobil mereka dapat mampu menyelesaikan perjalanan atau tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) yang pada tahun 1900. Hal yang demikian ini merupakan langkah maju dalam penggunaan karburator dalam bidang otomotif.

Karburator umum digunakan untuk mobil berbahan bakar besin hingga akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapi efisiensi bahan bakar.

Pengertian Karburator

Dalam hal ini Karburator merupakan bagian terpenting dari sepeda motor, yang hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena pada umumnya sepeda motor menggunakan besin yang sebagai bahan bakarnya. Oleh karena itu Karburator yang baik harus dapat mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Untuk mendapatkan pembakaran sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas, menurut teoritis ialah 1:15 yang artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara. Yang apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18 dikatakan campuran miskin 1:12 dikatakan campuran kaya. Dan untuk fungsi karburator itu sendiri ialah untuk mencampur bahan bakar dan udara.

Prinsip Kerja Karburator

Pada karburator sistem kerja dengan prinsip perbedaan tekanan, hal ini seperti yang kalian ketahui zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan lebih rendah. Dalam proses yang terjadi didalam karburator pun demikian, bensin bisa masuk ke intake manifold karena tekanan didalam intake manifold lebih kecil dari pada didalam ruang penampung bensin didalam karburator.

Baca Juga :  Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Sekarang pertanyaannya, mengapa tekanan didalam intake lebih rendah? Apakah tekanan bensin didalam ruang penampung bensin didalam karburator ditingkatkan? Ternyata tidak, perbedaan tekanan ini terjadi secara alami.

Kalau kalian pernah membaca prinsip sayap pesawat terbang maka ini mungkin agak sama. Didalam ada hukum Bernoulli yang menyatakan tekanan dari fluida seperti udara berkurang, dan apabila udara tersebut bergerak maka lebih cepat.

Didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang bervariasi (tergantung pembukaan gas). Tentu saja berdasarkan hukum Bernoulli, maka tekanan udara didalam intake manifold akan mengalami penurunan.

Yang sehingga meski didalam ruang penampungan bensin itu sama tekanannya dengan tekanan atmosfer, bensin tetap akan mengeluarkan. Perbedaan tekanan ini juga akan semakin besar apabila aliran udara didalam intake itu semakin cepat. Sehingga ketika mesin digas pada RPM tinggi, otomatis aliran udara didalam intake cepat, tekanan didalam intake semakin turun dan bensin yang tersedot karena perbedaan tekanan itu akan semakin banyak.

Bagaimana Cara Karburator Mengatur Volume Bensin Yang Keluar?

Nah mungkin ada yang masih bingung, mengapa bensin yang keluar itu dapat memiliki perbandingan ideal? Ini karena segala komponen yang dibuat didalam karburator itu sudah diperhitungkan.

Secara umum ada tiga buah komponen didalam karburator yakni venture, pilot jet, ruang penampung bensin. Ruang penampung bensin, berfungsi untuk menampung bensin kiriman dari tanki yang siap dikarburasikan secara teratur kedalam intake manifold. Disini tekanan dibuat sama dengan tekanan atmosfer karena itu, biasanya ada ventilasi.

Dan sementara venture dan pilot jet, adalah dua komponen yang mempengaruhi perbandingan campuran bensin. Venturi adalah bagian didalam intake manifold yang memiliki diameter lebih kecil. Nah nantinya bensin tersebut akan disemburkan tepat pada venture. Semakin kecil diameter pada venture maka semakin cepat pula aliran udaranya sehingga tekanan didalam venture pasti akan lebih turun dan ini menyebabkan perbandingan bensin lebih banyak.

Kalau pilot jet adalah selang yang menghubungkan ruang penampung bensin dengan ruang venture. Fungsinya hanya mengalirkan bensin saja, tapi lebar atau besar diameter pilot jet mempengaruhi tingkat perbandingan bensin. Semakin besar diameter pilot jet maka perbandingan bensin juga akan semakin banyak/boros.

Dalam aplikasinya, lebar diameter venture dan pilot jet akan dihitung berdasarkan masa udara yang dapat mengalir ke mesin tiap detiknya, sehingga akan didalam perbandingan yang ideal.

Baca Juga :  Penyebab Ban Motor Sering Kempes Dan Cara Mengatasinya

Komponen Karburator Dan Fungsi

Ada beberapa komponen karburator dan fungsinya, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini:

  • Mangkok karburator (float chamber) yang berfungsi untuk menyimpan besin pada waktu belum digunakan.
  • Klep/Jarum pelampung yang berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator.
  • Pelampung (float) yang berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar di dalam mangkok karburator.
  • Skep/Katup gas yang berfungsi untuk mengatur banyak gas yang masuk ke dalam silinder.
  • Pemancar jarum (main jet/needle jet) yang berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor digas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
  • Jarum Skep/Jarum gas (Jet needle) yang berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan besin dari main nozzle pada waktu motor di gas.
  • Pemancar besar/induk (main jet) yang berfungsi untuk memancarkan bensin saat motor di gas tinggi.
  • Pemancar kecil/stasioner (slow jet) yang berfungsi untuk memancarkan bensin saat stasioner.
  • Sekrup gas/baut gas (throttle screw) yang berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
  • Skrup udara/baut udara (air screw) yang berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bensin.
  • Katup cuk (choke valve) yang berfungsi untuk menutup udara luar masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan saat start.

Cara Memperbaiki Karburator Motor Yang Rusak

Adapun cara memperbaiki karburator motor yang rusak diantaranya yaitu:

Ganjal Mur Mangkuk

Terkadang keseringan nyervis karbu sering bikin mur pengunci mangkuk bensin slek, apalagi kalau ngencenginnya enggak beres drat sekrup atau rumahnya bakal rusak alhasil disitu kerap terjadi kebocoran bahan bakar, jalan satu-satunya baut mesti diganti, tapi untuk mencari baut yang cocok agak susah terkadang.

Triknya bisa merapatkan ulir sekrup pakai lapisan aluminium foil sil selotip ( warna putih ) atau pelat tipis kaleng bekas minuman, caranya pelat dipotong setengah ukuran sekrup, lalu diganjal di rumah drat setelah itu baru masukan baut pengikat dijamin mangkuk karbu tak mangap atau bocor lagi.

Per Sekrup Udara

Sekrup penyetel udara dilengkapi per peregang tujuannya agar sekrup mudah diatur sesuai kebutuhan memanfaatkan tendangan balik dari, tapi ribet kalau pegas mulai kendur karena sekrup ikut oblak,

Supaya per tetap meregang kuat harus dipotong satu ulir lalu ditarik pakai tang cara ini diaplikasi buat karbu motor jenis sport yang punya per agak besar bisa memanfaatkan pegas bolpoin, di sekrup udara juga ada o-ring perapat kalau sudah lama bisa getas dan rusak atau karena kecil bisa hilang enggak ketahuan efeknya sekrup ikut kendur solusinya ganti saja pakai karet bekas ban.

Caranya karet dipotong bulat mirip cincin ukur diameternya sesuai sekrup agar benar-benar rapat, dibuat dua atau tiga lapis sekaligus sehingga waktu sekrup dikencangkan tak ada kebocoran diulirnya.

Baca Juga :  Cara Setting Karburator Dan Meningkatkan Kompresi Pada Motor
CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 1
CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 2
CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 3

Paking Karton Mangkuk

Mangkuk bensin dikarbu dilengkapi paking maksudnya agar ketika digabungkan dengan bagian bodi karbu tetap rapat dan enggak bocor bahannya sejenis kertas tapi agak kuat sialnya kalau bongkar agak ceroboh gasket gampang robek,

Jika susah mencari lantaran tinggal dipelosok daerah jangan puyeng dulu, manfaatkan saja karton bekas buku gambar adik, caranya dipotong sesuai gasket asli lebih sip jika mau dipasang digabung bersama paking asli,baru kunci lagi pakai empat sekrup pengikatnya.

Potong Per Skep

Langkah ini kerap dilakukan jika per skep sudah kendur sebab tendangan balik pegas biasanya jadi lemas, alhasil putaran gas terasa agak berat dan enggak enak diajak ngacir triknya per asli dipotong 2-3 ulir setelah itu agar regangan kuat harus ditarik lagi, awas jangan asal betot tapi ukur dulu dirumah skepnya, posisi pegas harus nongol setengah dari panjang keseluruhan maksudnya supaya kerjanya sip saat selongsong skep ditarik kabel gas.

CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 4

O-Ring Spuyer

Jarum spuyer dilengkapi O-ring karet perapat bentuknya kecil hitam, nyempil diantara ulir main-jet fungsinya agar tak ada celah tapi saking imutnya ketika nyervis karbu o-ring kerap lenyap, efeknya jarum spuyer jadi tidak mendekap rapat dinding karbu dan semprotan bensin sering tak akurat ini mempengaruhi tarikan tunggangan ente makanya o-ring mesti ada.

Tapi untuk mencarinya agak susah sebab enggak semua toko onderdil menjual, solusi paling jitu memanfaatkan o-ring bekas korek gas untuk mengambilnya mesti bongkar komponen korek satu per satu , kalau susah bisa pakai tang jepit untuk melepas o-ring tadi, setelah dapat tinggal pasang jarum spuyer dan beri oli.

Tambah Lubang Pernapasan

Di mangkuk karburator pasti dilengkapi saluran pernapasan maksudnya agar tekanan didalam selalu sama dengan diluar sehingga ketika tekanan diadalam venturi rendah akibat aliran udara bensin mudah mengalir lewat spuyer, sayangnya dibeberapa motor sering hanya ada 1 lubang misalnya di Yamaha RX-KING  solusinya bikin lubang baru jalurnya sudah tersedia.

Cuma masih rapat alias bumpet nah agar tekanan selalu seimbang lubang tadi tinggal dibuat bolong, caranya mudah kok gunakan mata bor 1 mm untuk membuat lubang tambahan tadi tapi lakukan pelan-pelan supaya enggak kebablasan sampai ke dinding rumah skep.

CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 5

Karet Pembuka Karburator

Tutup rumah selonsong skep kerap susah dibuka dipaksa pakai tang atau alat lain malah fatal alur gerigi malah rompal, nah biar enggak begitu ketika mau membuka pakai pelindung dulu gunakan karet ban bekas caranya karet dipotong bulat dan dilebihkan sesuai lebar gerigi lalu pasang diatas tutup, oya dibalik tutup juga ada cincin karet gunanya buat alas dan penahan gesekan antarmetal kalau sudah lama bisa regas dan rusak itu juga bisa dibikinin dari karet ban bekas langkanya silakan di mal langsung dari yang aslinya.
CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 6
CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR MOTOR YANG RUSAK
Gambar 7

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Karburator Motor Yang Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂