√ Cara Mengatasi Cat Motor Yang Keriting,,, Yuk Simak

Posted on

Cara Mengatasi Cat Motor Yang Keriting – Dalam hal ini gagal dalam pekerjaan itu memanglah hal yang terbilang wajar. Namun jika kita berfikir lebih jauh semua pekerjaan apapun pasti ada resikonya, dan apalagi pekerjaan yang kita lakukan sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran. Untuk pekerjaan yang cukup rumit seperti halnya mekanik cat, bila terjadi kesalahan saat pengecetan pasti hal yang sangat terbilang melelahkan dan membosankan.

Misalnya simpel saja, saat kita akan melakukan pengecatan ulang pada bodi, tapi kita tidak mengetahui kualitas cat pada kendaraan tersebut apakah cat standart pabrik atau sudah pernah di cat ulang tapi, menggunakan cat yang kualitas rendah.

Cara Mengatasi Cat Motor Yang Keriting,,, Yuk Simak

Bila cat tersebut berkualitas rendah sedangkan kalian saat proses pengecatan memakai cat yang berkualitas tinggi standart pabrik, sudah dipastikan cat tersebut akan mengangkat dan keriting. Pasti kalian mekanik cat pernah mengalami hal demikian, bila sudah terjadi cat mengkerut kalian harus memulai pekerjaan mulai dari awal lagi untuk mengatasi cat yang mengkerut pada kendaraan tersebut, nah itulah salah satu resiko bekerja sebagai mekanik cat.

Maka dari itu disini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi cat yang keriting atau mengkerut. Dalam hal ini kalian tidak perlu untuk mengulangi pekerjaan mulai dari awal lagi tanpa membuang banyak waktu.

Sebelum ke inti cara menghilangkan cat yang keriting, alangkah baiknya kalian harus mengetahui jenis cat yang berstandar pabrik atau cat dibawah standar biasa supaya kalian tidak salah dalam melakukan pengecatan ulang pada kendaraan kalian tersebut.

Simak Juga :   Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat

Cara Untuk Mencegah Terjadinya Keriting Pada Cat Lama

Nah sebelum kita membahas cara bagaimana mengatasi cat yang keriting atau mengkerut, alangkah baiknya kita ketahui sebab-sebab cat lama dapat mengkerut atau keriting. Nah sebelum melakukan pengecatan, kalian dapat amati terlebih dahulu apakah cat kendaraan tersebut masih original pabrik atau pernah dicat ulang dengan kualitas cat yang rendah.

Untuk cara membedakan cat yang berkualitas baik dengan cat yang berkualitas relatif mudah, jika cat yang berkualitas baik atau original pabrik cat tersebut bila dilihat terasa halus meskipun istilahnya seperti kulit jeruk tapi tetap kelihatan halus.

Sedangkan cat yang berkualitas rendah meskipun warnanya sama persis tapi kalau dilihat secara teliti walaupun cat tersebut sama seperti kulit jeruk tapi cat tersebut terlihat kasar karena cat yang berkualitas rendah susah nutup. Tapi meskipun terlihat kasar cat kendaraan tersebut kalau diraba atau dipegang akan sama-sama terasa halus.

Nah berikutnya jika kalian masih ragu apakah cat ini berkualitas rendah atau tinggi. Kalian bisa membasahkan tinner sedikit saja ke cat kendaraan tersebut. Jika cat tersebut bereaksi mengkerut atau keriting, sudah dipastikan saat kalian melakukan pengecatan menggunakan kualitas cat yang lebih baik dari kualitas cat tersebut.

Sudah dipastikan cat lama tersebut akan keriting atau mengkerut. Bila cat kendaraan tersebut menggunakan cat berkualitas tinggi atau masih original pabrik bila cat tersebut dibasahi menggunakan tinner, cat tersebut tidak bereaksi apapun dan cat kendaraan yang masih original pabrik tidak akan luntur bila terkena tinner.

Cara Mengatasi Cat Yang Keriting Atau Mengkerut

Hal pertama saat kita melakukan penyemprotan usahakan tipis-tipis terlebih dahulu jangan langsung tebal, untuk menghindari cat akan keriting dan mengkerut. Namun bila penyemprotan sudah dilakukan tipis-tipis tapi cat yang kita timpa tadi bereaksi menjadi keriting atau mengkerut kalian harus hentikan pengecatan. Bila pengecatan tidak segera dihentikan cat yang keriting tersebut akan menjadi semakin parah.

Simak Juga :   [Termudah] Cara Mengetahui Penyebab Roda Belakang Goyang Pada Motor

Cara Mengatasi Cat Motor Yang Keriting,,, Yuk Simak

Namun jika saat pengecatan sudah terlanjur keriting atau mengkerut kalian tidak usah bingung, dibawah ini kami akan memberikan langkah-langkah bagaimana mengatasi cat yang sudah terlanjur mengkerut atau keriting.

  • Hal pertama kita tunggu cat tersebut kering terlebih dahulu, kalian bisa menunggu sekitar 40 menit supaya cat tersebut kering sempurna.
  • Jika cat tersebut sudah kering, kemudian amplas bagian cat yang keriting atau mengkerut menggunakan amplas air halus nomor 1500 sampai permukaan cat tersebut menjadi halus.
  • Kemudian keringkan dahulu hingga air bekas pengamplasan tadi hilang.
  • Kalian bisa langsung memulai pengecatan namun, kalian harus membuat takaran cat yang lebih kental agar cepat nutup. Dan untuk setelan spuyer spray gunnya kita ubah agak sedikit dikecilkan spuyer catnya hingga catnya keluar seperti debu, lalu untuk spuyer angin, kita besarkan agar cat yang kental mudah untuk di semprotkan nah untuk spray gun sebaiknya gunakan juga spray gun yang stndart agar hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan.
  • Dan disini kesabaran mekanik cat diuji, saat proses pengecatan kalian tidak boleh terburu-buru berikan jarak jeda 5-10 menit setiap lapisan cat sampai tertutup sempurna.
  • Kemudian setelah cat menutup sempurna kalian harus diamkan lagi cat tersebut hingga 1 jan agar cat mongering sempurna, disini kesabaran sang mekanik cat pun diuji lagi,,, bila pengecatan kalian berwarna merah atau putih seralic kalian harus member dasaran putih terlebih dahulu agar cepat nutup karena cat warna merah atau putih seralic catnya berbentuk jernih  dan susah nutup.
  • Setelah cat mongering dengan sempurna kalian dapat langsung ke proses pengeclearan, pada saat pengclearan kalian juga harus hati-hati agar cat tidak mengkerut dan keriting kembali. Saat pengeclearan atau pernis kalian harus member jeda setiap lapisannya jangan langsung tebal karena clear atau pernis akan leleh.
Simak Juga :   Cara Pengisian Aki Yang Benar [Charging ]

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal usahakan kalian harus amati setiap lapisan pengecatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari cat yang bereaksi menjadi keriting atau mengkerut agar tidak semakin banyak dan lebar.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Cat Motor Yang Keriting,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂