√ 5 Cara Paling Mudah Mengetahui Serta Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak

Posted on
√ 5 Cara Paling Mudah Mengetahui Serta Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak
5 (100%) 1 vote

Kiprok Motor Sudah Rusak – Bagi pengguna motor yang kerap mengalami lampu motor kerap putus perihal ini memicu ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti bersama yang baru. Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus ulang atau kadang waktu menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan seluruh itu ternyata tersedia hubugannya bersama kiprok motor tersebut.

5 Cara Paling Mudah Mengetahui Serta Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak “Wajib Baca”

Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengetahui kiprok motor sudah rusak, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.

Definisi Kiprok

Kiprok merupakan komponen yang benar-benar berperan untuk pengaturan anggota kelistrikan motor dan termasuk kiprok cukup peka dikarenakan perannya yang langsug berhubungan bersama aki dan pesetabil arus terhadap proses penerangan motor. Sering kali terkandung masalah motor kadang kala mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.

Hal berikut dikarenakan disebabkan yang mungkin suasana kiprok yang tidak ulang optimal bagaimana cara jelas kiprok motor yang udah rusak atau kiprok mati susah-susah enteng untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku wejangan cara enteng untuk jelas kiprok masih faedah atau tidak caranya bersama manfaatkan sebuah alat yang biasa digunakan terhadap kelistrikan yakni multimeter.

Simak Juga :   Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!!

Cara Mengetahui Ciri-Ciri Kiprok Sudah Rusak

Selanjutya bagaimana cara mengenali atau mengetahui tanda-tanda kiprok motor telah rusak mati perlu diganti seandainya tidak membawa multimeter jikalau tidak punyai jangan pusing tersedia cara lain untuk menangani atau mengenali keadaan kiprok.

Lampu Redup

Salah satu penyebab kiprok mati harus diganti adalah lampu depan yang kadang-kadang tiba-tiba redup atau lebih-lebih langsung mati jikalau arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka tersedia bisa saja besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa membuka langsung atau melekat kabelnya.

Aki Motor Cepat Soak

Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berlangsung normal tersedia kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan. Dan tanda-tanda awal termasuk bisa kalian rasakan pada selagi motor belum dijalankan, seandainya alternator dan kiprok normal, maka tegangan bateri selayaknya stabil di angka 12 volt meskipun baru saja digunakan.

Namun seandainya kiprok motor mangalami kerusakan, katakanlah lemah maka suplainya input listrik pun tidak bisa menutup pemakaian kelistrikan motor. Yang akibatnya listrik didalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Bila hal ini terjadi, biasanya hal yang mulai yakni starter tidak bisa menyala dan klakson mulai sember. Sehingga selagi aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, dikarenakan kondisi kiprok termasuk bisa pengaruhi voltage baterai.

Lampu Motor Mati Saat Digas

Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan kiprok sedah rusak.

Rusak Fungsi Kiprok

Dan mesti juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak kegunaan kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan halangi besarnya tegangan yang bakal menuju ke aki motor dan proses kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang kerap mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu benar-benar besar sebab disebabkan kiprok telah tidak dapat lagi halangi tegangan yag terlihat ke kiprok.

Simak Juga :   √ Inilah Cara Dalam Perawatan Kelistrikan Sepeda Motor

Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak

Bahwa kiprok itu kadangkala tetap manfaat untuk mengecas aki motor dapat tetapi kiprok itu udah rusak akibatnya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok terhadap motor yakni ±15V tanpa tersedia beban.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Kiprok Yang Rusak..??

Untuk hal ini selagi kami mengkaji terhadap sistem elektrikal sebenarnya akan sedikit rumit masalahnya listrik itu barang yang tidak mampu dilihat namun mampu dirasakan, yang sehingga perlu pemahaman. Saat kalian telah sukses menyimpulkan letak persoalan motor kalian itu berada terhadap kiprok, untuk langkah sesudah itu bersama dengan lepas bagian ini. Periksa secara visual keadaan terminal, kebanyakan tersedia bekas terbakar yang menyebabkan terminalnya menyatu.

Komponen dalam kiprok, itu setidaknya terdiri berasal dari Dioda, transistor, resistor dan IC. Sebenarnya kami mampu memperbaikinya sebab circuit ini tidak tidak sama bersama dengan circuit elektronika yang lain. Tapi sebab keterbatasan pemahan dan keterbatasan alat, langkah yang disita ialah penggantian komponen, tentu harganya jauh lebih mahal.

Memang komponen ini tidak didesain untuk diperbaiki, namun untuk kalian yang mengerti dunia elektronika mampu laksanakan penggantian komponen yang rusak saja. Biasanya dioda merupakan komponen yang sering putus. Alat yang dibutuhkan utamanya multimeter, barangkali tersedia beberapa alat lain layaknya obeng untuk mencongkel cover kiprok.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 Cara Paling Mudah Mengetahui + Memperbaiki Kiprok Motor Sudah Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂