Cara Memasang Gir Pompa Oli Dan Rantai Keteng Supra Tanpa Harus Turun Mesin

Posted on

Cara Memasang Gir Pompa Oli Dan Rantai Keteng Supra Tanpa Harus Turun Mesin – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara termudah memasang gir pompa oili & rantai keteng supra tanpa harus turun mesin, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dalam sistem pelumasan pompa oli atau oli pump berfungsi untuk menghisap minyak pelumas dari bak oli dan menekan atau menyalurkan ke bagian-bagian mesin yang bergerak dengan tujuan agar bagian-bagian tersebut dapat terlumasi dengan oli.

Pompa oli ada yang digerakan oleh poros engkol dan ada juga yang digerakkan oleh poros nok, serta timing belt dan lain sebagainya. Filter oli terpasang pada inlet pompa oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada pada oli. Pompa oli yang sering dan biasa digunakan pada mesin ada dua macam yakni model roda gigi dan model trochoid.

Cara Memasang Gir Pompa Oli Dan Rantai Keteng

Pada dasarnya memasang gir pompa oli haruslah turun mesin, tapi untuk menghemat waktu dan biaya kami akan bahas yang tanpa harus turun mesin, kalau simak uraiannya berikut ini.

Siapkan Kunci Dan Peralatan Untuk Membongkar

Adapun terlebih dahulu dengan siapkan kunci-kunci dan peralatan untuk membongkar antara lain yaitu:

  • Tempat penampungan oli.
  • Kunci T8, T10, T12, T14.
  • Obeng ketok + mata gede.
  • Kunci sok 12, 14, 17.
  • Dan traker magnet.
Baca Juga :  Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah Dan Kering

Proses Pembongkaran

Adapun proses pembongkaran diantaranya yaitu:

Proses Pembongkaran Pompa oli

  • Turunin oli pake kunci sok 17 kalau baut olinya masih original.
  • Bongkar barstep atau injakan kaki pake kunci 12 sok ada 4 buah baut.
  • Taruh di tempat service.
  • Lalu bongkar knalpot supaya mempermudah pembongkaran bagian bak kopling.
  • Kemudian buka kick starter menggunakan kunci T10.
  • Lalu bongkar baut bak kopling terdiri dari 8 baut “bolt” menggunakan kunci T8.
  • Setelah kebuka fokus pada pompa oli “oil pump”
  • Buka ketiga baut pompa oli menggunakan obeng mata gede pendek.

Proses Pembongkaran Rantai Keteng

  • Buka tutup rantai keteng pake kunci T10 yang berada sebelah cop busi.
  • Buka tuas operan gigi.
  • Buka tutup magnet.
  • Buka magnetnya pake traker magnet.
  • Copot magnet tapi sebelumnya posisikan gigi timing “sprocket,cam” pada posisi top.
  • Lalu lepaskan magnet dan copot baut timing.
  • Keluarkan spymagnet “key, woodruff” copot starter beserta giginya, pake kunci T8 dan kunci circlip external.
  • Lalu bongkar baut penutup keteng bagian dalam “plate, oil separate”.
  • Setelah kebuka maka akan terlihat rantai keteng gigi pompa oli dan lain sebagainya.
  • Keluarkan rantai keteng beserta roller dan roller cam chain tensioner, copot baut 14 yang ada di bawah mesin dan keluarkan push rod tensioner.

Kini tinggal bagian gigi pompa oli yang mau diganti caranya tahan dari sebelah bak kopling yang sudah dibuka terlebih dahulu. Kalau gak ada alatnya dapat pake obeng min untuk membobok bagian gigi pompa oli dari sebelah magnet.

Setelah giginya kita bobok lepas lalu tarik batang penghubung antara gigi pompa oli dengan pompa oli “spindle, cam chain guide”. Nah beres semua bagian yang perlu di bongkar. Lalu cuci bagian yang akan kita pasang sampai bersih.

Baca Juga :  Syarat Pajak Motor Tahunan Serta Berapa Bayar Pajak Motor

Bagian Pemasangan

Sebelum kita pasang gigi pompa oli yang baru, terlebih dahulu batang penggerak pompa oli kita gerenda drat tempat pompa oli kira-kira seperempat dari keseluruhan dratnya. Lalu masukan batang penggerak dari arah sebelah magnet.

Pasang gigi pompa oli sampai mentok dratnya tahan dari sebelah bak kopling pake obeng min. Pastikan kencang dan jangan kebalik perhatian bekas pemasangan yang lama atau yang tonjolannya lebih banyak menghadapi kedalam.

Biar lebih enak kita pasang dulu bagian sebelah kopling, pasang bagian yang dibongkar tadi kebalikan dari pembongkaran. Dan jangan lupa untuk membersihkan saringan oli. Pastikan kepasang semua jangan ada yang kelewat karena didalam pompa oli ada bagian pivot oil pump. Yang kadang jatuh waktu kita bersihin. Dan pastikan gigi pompa oli tidak seret.

Kini bagian pemasangan sebelah magnet, pasang rante keteng pastikan posisi piston dalam keadaan top. Pasang roller-roller dan pasang gigi timing. Lalu pasang semua yang telah di bongkar kebalikan dari pembongkaran tadi. Selesai semua cek ulang posisi top pada gigi timing depan sudah pasti lalu tutup. Dan jangan lupa mengisi oli.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memasang Gir Pompa Oli Dan Rantai Keteng Supra Tanpa Harus Turun Mesin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂