√ Cara Benar Dan Tepat Mengukur Lingkar Kepala Untuk Helm,, Yuk Simak

Posted on

Cara Tepat Mengukur Lingkar Kepala Untuk Helm – Dalam hal ini memakai helm merupakan salah satu cara meningkatkan keselamatan saat berkendara sepeda motor, hal ini karena helm bisa memberikan perlindungan efektif saat terjadinya kecelakaan.

Inilah mengapa helm seharusnya tidak dibeli berdasarkan harga atau coraknya saja. Nah bagi pengguna seharusnya dalam membeli helm berdasarkan ukuran dan standar keamanannya.

Cara Benar Dan Tepat Mengukur Lingkar Kepala Untuk Helm,, Yuk Simak

Dan selain SNI, sebaiknya pengendara memilih helm yang sudah memiliki standar DOT atau ECE. Nah berikut ini tips bagaimana cara tepat mengukur lingkat kepala untuk helm, simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Kenyamanan Dalam Memilih Ukuran Helm

Ukuran helm sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor. Saat dikenakan, ukuran helm yang pas ialah yang sedikit ketat dan seluruh bagian interiornya rapat menutupi bagian kepala tetapi tidak menimbulkan rasa sakit saat memakainya.

Mengukur Lingkar Kepala Untuk Menentukan Ukuran Helm

Cara yang dapat kita lakukan saat menentukan ukuran helm yang pas ialah dengan mengukur lingkar kepala dengan menggunakan meteran. Biasanya setiap produsen helm mengeluarkan produknya dengan beragam ukuran, mulai dari XS, S, M, L, XL dan XXL.

 

Ukuran tersebut diukur berdasarkan lingkar kepala pemakainya, helm dengan ukuran XS ialah untuk pengendara yang memiliki lingkar kepala 53 hingga 54 cm, S untuk lingkar kepala 55 hingga 56 cm, M untuk lingkar kepala 57 hingga 58 cm, L untuk lingkar kepala 59 hingga 60 cm, XL untuk lingkar kepala 61 hingga 62 cm dan XXL untuk ukuran lingkar kepala 63 hingga 64 cm.

Simak Juga :   √ Motor Brebet Saat Digas, Ternyata Ini Penyebabnya

Cara Benar Dan Tepat Mengukur Lingkar Kepala Untuk Helm,, Yuk Simak

Dengan Mengerakan Helm Ke Kiri Dan Kanan Saat Dipasang

Selain dengan  mengukur lingkar kepala cara mudah lainnya untuk mengetahui apakah helm yang kita pakai sudah pas atau belum ialah dengan mengerakan helm ke kiri dan kanan saat di pasang.

Apabila helm terasa rapat dan tidak menimbulkan rasa sakit saat dikenakan itu berarti ukurannya pas sebaliknya bila helm terasa longgar dan bergerak berarti terlalu besar.

Memperhatikan Standar Kualitas Helm

Selain ukuran yang pas, kita juga perlu memperhatikan standar kualitas helm. Helm yang baik ialah helm yang sudah memenuhi standar SNI dan DOT atau ECE. Dan salah satu produsen helm yang sudah memiliki standar SNI dan DOT ialah NHK dan GM.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Benar Dan Tepat Mengukur Lingkar Kepala Untuk Helm,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂