√ Inilah,, Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak,,, Untuk Diketahui

Posted on

Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak – Tensioner sendiri memiliki fungsi sebagai alat untuk memberikan tegangan atau tekanan pada rantai keteng supaya rantai yang menempel pada gear tersebut tetap presisi.

Bila tegangan rantai keteng tersebut kendor atau longgar maka akan membuat putaran pada mesin menjadi tidak stabil dan terlebih lagi yang sering membuat risih yakni munculnya bunyi  berisik seperti tek,, tek,, tek yang dihasilkan oleh mesin.

Inilah,, Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak,,, Untuk Diketahui

Macam Macam Tensioner

Tensioner motor juga di bagi menjadi 3 macam yakni tensioner manual, semi otomatis dan otomatis “automatic adjuster”.

Tensioner Manual

Dalam hal penyetelannya yang harus di lakukan ialah melonggarkan dahulu mur pengunci, kemudian kencangkan baut ke arah dalam sampai suara berisik pada rantai keteng hilang. Setelah itu kencangkan kembali mur pengunci baut yang tadi di kendorkan.

Tensioner Semi Otomatis

Untuk cara menyetel tensioner ini cukup melonggarkan baut penahan batang tensioner, setelah kendor baut tersebut dengan sendirinya akan masuk ke arah dalam karena adanya gaya pegas yang dihasilkan oleh per tensioner. Jika sudah selesai jangan lupa mengencangkan kembali baut tersebut.

Tensioner Otomatis

Untuk sekarang ini kebanyakan motor sudah menggunakan automatic adjuster atau tensioner otomatis “seperti Satria FU dan Honda Sonic”. Keunggulan tensioner otomatis ini dibandingkan dengan tensioner lainnya ialah dalam hal penyetelannya.

Tensioner ini tidak perlu di stel lagi dalam hal pemasangan, karena di dalam tensioner ini sudah terdapat chain guide atau karet serta per tensioner yang berfungsi untuk memberikan tegangan pada rantai keteng. Akan tetapi tensioner ini juga memiliki kekurangan, jika per tensioner sudah muali kendor atau lemah mau tidak mau harus diganti dengan per yang baru.

Simak Juga :   3 Penyebab + Solusi,, Motor Mogok Setelah Dicuci

Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak

Dengan seiring pemakaian, komponen mesin di motor seperti tensioner keteng pasti mengalami keausan dan perlu diganti. Kalau sudah aus, tentu kinerja mesin dapat terganggu dan menimbulkan beberapa kendala saat motor dipakai.

Buat yang belum paham, apa saja tanda yang bisa dikenali kalau tensioner keteng sudah waktunya ganti ?? ” Tandanya dapat di deteksi dengan munculnya suara gemericik saat kondisi mesin sudah panas dan dipakai jalan”.

Suara tersebut muncul akibat tensioner tidak lagi menekan rantai keteng dengan baik, dan hasilnya buka tutup klep jadi tidak akurat. Dan sedangkan kalau bunyi berisik dari mesin sudah muncul sejak awal dinyalakan, kemungkinan berasal dari rantai keteng.

Inilah,, Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak,,, Untuk Diketahui

Dan cara yang lain untuk memastikan bahwa tensioner keteng sudah rusak ialah dengan cara menekan tonjokan tensioner”. Jika bisa ditekan dengan mudah dapat dipastikan kondisi tensioner keteng sudah aus dan perlu diganti.

Selain mengganti baru, umumnya pengguna ada yang memutuskan untuk mengakali tensioner dengan cara dilas paten. Untuk matic Maxi Yamaha cara atasinya tidak dapat dengan cara dilas paten tensionernya, sehingga pilihannya harus ganti baru kalau sudah aus.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah,, Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak,,, Untuk Diketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Inilah,, Ciri Ciri Tensioner Motor Rusak,,, Untuk Diketahui
5 (100%) 1 vote