√ Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui

Posted on
√ Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui
5 (100%) 1 vote

Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui – Dalam hal ini sepeda motor ialah salah satu kendaraan pribadi yang banyak sekali dimiliki dan populer di masyarakat karena berbagai kelebihannya. Dan bahkan sepeda motor saat ini bukan populer sebagai kendaraan pribadi saja namun juga sebagai kendaraan umum melalui beberapa aplikasi pemesanan kendaraan dengan basis internet.

Dengan begitu atusias masyarakat yang terbilang cukup tinggi, banyak pabrikan otomatif yang berlomba-lomba untuk menghadirkan semua jenis sepeda motor di seluruh dunia ke Indonesia untuk dapat memenuhi keinginan semua lapisan masyarakat.

Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui

Untuk hal demikian banyaknya pencurian kendaraan bermotor terutama di kota-kota besar menjadi keamanan dari sepeda motor menjadi sangat lemah. Yang kondisi tersebut menjadikan beberapa pemilik kendaraan bermotor memasang alarm pada sepeda motornya sebagai bentuk tambahan keamanan pada sepeda motor yang tidak cukup ditunjang dengan hanya sebatas kunci saja.

Adanya alarm pada sepeda motor ini sudah mulai muncul dan diterapkan untuk varian sepeda  motor baru namun hanya beberapa dengan harga yang relatif mahal dan sifatnya bukan sebagai alarm keamanan sepenuhnya.

Simak Juga :   √ Jadi Ini,, Yang Menyebabkan Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

Dan untuk varian sepeda motor yang tidak mempunyai alarm maka terkadang beberapa pemilik kendaraan sepeda motor tersebut akan menambahkan atau memodifikasi motornya sehingga memiliki alarm tersendiri.

Karena alarm tersebut bukanlah komponen atau sparepart sepeda motor yang sesungguhnya dapat menimbulkan beberapa kondisi yang riskan terjadi sebagai efek samping program tersebut. Namun sebelumnya sebaiknya kita mengenali lebih dalam mengenai alarm tersebutnya.

Lantas Apa Sih Alarm Pada Sepeda Motor Tersebut ??

Alarm sendiri merupakan salah satu komponen yang ditambahkan pada sepeda motor dan bersifat sebagai komponen aftermarket. Alarm merupakan sebuah perangkat tambahan yang disematkan pada sepeda motor untuk menghasilkan peringatan yang muncul ketika sepeda motor dinyalakan tanpa mematikan alarm tersebut terlebih dahulu.

Bentuk peringatan yang diberikan dapat berupa bunyi klakson berkali dengan tambahan lampu yang berkedip-kedip. Secara jenisnya ada beberapa bentuk alarm yang dapat disematkan pada sepeda motor mulai dari yang menggunakan remote, skalar tersembunyi, dan bahkan menggunakan kode pembuka tersebut. Untuk fungsi utama dari pemasangan alarm tersebut ialah untuk menghindarkan motor dari niat jahat seperti pencurian.

Efek Samping Alarm Pada Motor

Dalam memasang komponen yang tidak semestinya pada sepeda motor dapat menimbulkan efek samping secara teknis karena dapat mengganggu kinerja dan kestabilan yang sudah terjaga pada seluruh komponen yang disetting sedemikian rupa oleh pabrik pembuatnya. Dalam memasang komponen yang tidak semestinya ini berlaku juga untuk alarm sepeda motor. Dan beberapa efek samping alarm pada motor diantaranya sebagai berikut:

Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui

Pertama Dapat Memperbesar Kebutuhan Daya Listrik Sepeda Motor Tersebut

Hal yang pertama alarm motor pastinya merupakan komponen yang membutuhkan kelistrikan untuk dapat beroperasi dengan baik. Karena kebutuhan kelistrikannya tersebut menjadikan beban daya yang diterima oleh sepeda motor menjadi lebih besar sehingga dapat menyebabkan kebutuhan supply aki juga harus lebih besar.

Simak Juga :   [Trik Unik] Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ]

Jika aki tidak dapat memberikan daya yang lebih besar maka dengan adanya penambahan alarm pada sepeda motor tersebut maka pemilik kendaraan harus mengganti aki lama dengan aki baru yang lebih besar kapasitanya, tingginya daya listrik juga dapat menjadi penyebab motor boros terutama pada mesin injeksi.

Kedua Dapat Meningkatkan Resiko Konsleting

Yang kedua dengan adanya penambahan alarm motor yang merupakan komponen listrik pada sepeda motor menjadikan resiko terjadinya konsleting semakin besar karena adanya sparepart asing atau bukan standart yang ditambahkan ke dalam motor. Resiko terjadinya konsleting tersebut akan lebih tinggi jika proses pemasangan alarm tidak dilakukan dengan benar dan rapi.

Ketiga Dapat Menimbulkan Kondisi Kerusakan Pada Sepeda Motor

Yang Ketiga resiko terganggunya sistem kelistrikan pada sepeda motor akibat adanya pemasangan alarm dapat menimbulkan resiko juga terhadap kerusakan mesin. Kondisi tersebut diperparah pada motor injeksi yang dipasang alarm motor karena motor injeksi merupakan salah satu jenis motor yang sangat bergantung pada sistem kelistrikan dalam performa dan operationalnya.

Keempat Membutuhkan Pengecekan Dan Perawatan Yang Benar

Yang keempat dengan adanya penambahan komponen pada sepeda motor tentu menjadi proses pengecekan dan perawatan harus dilakukan dengan benar dan rutin untuk menghindari efek samping atau resiko teknis yang berbahaya. Oleh sebab itu dengan penambahan alarm pada komponen motor menjadi tambahan tanggung jawab bagi pemilik kendaraan.

Lantas Perlukah Alarm Dipasang Di Sepeda Motor ??

Melihat dari perkembangan teknologi keamanan terutama pada sepeda motor, tidak banyak pilihan dan varian produk untuk mencegah hilangnya sepeda motor karena di curi. Jika melihat dari beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pamasangan alarm tersebut maka sebaiknya memikirkan dua kali sebelum memasangnya karena selain membutuhkan nilai harga awal yang cukup tinggi serta proses maintanace. Selain karena mahal, secara umum beberapa fitur seperti magnet kunci dan bentuk rumah kunci yang lebih aman juga lebih baik dibandingkan dengan alarm.

Simak Juga :   Penyebab Oli Tidak Naik Pada Mesin Serta Bagaimana Solusinya

Namun bila pemilik kendaraan tidak menjadi masalah dalam hal kekurangan yang dimiliki oleh alarm motor dan dapat mencari solusi atau pencegahan dari kekurangan tersebut maka pemasangan alarm motor dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari sepeda motor tersebut. Namun bila pemilik kendaraan masih ragu sebaiknya tidak tergesa-gesa untuk melakukan pemasangan alarm motor tersebut dan mungkin dapat melakukan sendiri yang lebih tidak beresiko.

Dan itulah beberapa hal yang berkaitan dengan efek samping alarm motor yang ditambahkan oleh pemilik kendaraan sepeda motor sebagai upaya memperketat tingkat keamanan dari sepeda motor tersebut. Proses perawatan dan pengecekan alarm harus selalu diperhatikan dengan baik dan benar untuk menghindari terjadinya resiko atau efek samping yang tidak diinginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Alarm Motor,, Memiliki Efek Samping ?? Ini Yang Harus Diketahui semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂