√ Ternyata,,!! Pakai Roller Motor Ini Bikin Putaran Bawah Pada Honda PCX 150 Lebih Mantap Dan Ngacir

Posted on
√ Ternyata,,!! Pakai Roller Motor Ini Bikin Putaran Bawah Pada Honda PCX 150 Lebih Mantap Dan Ngacir
5 (100%) 1 vote

Ternyata,,!! Pakai Roller Motor Ini Bikin Putaran Bawah Pada Honda PCX 150 Lebih Mantap Dan Ngacir

Roller Motor Di Putaran Bawah – Dalam hal ini sedikit demi sedikit motor matic mulai menguasai atau menjadi primadona saat ini di Indonesia. Mungkin karena mudah pengoperasiannya, tanpa perlu naik ataupun turunin gigi yang menjadi nilai plus dari motor tersebut ini.

Motor matic dibekali dengan system yang namanya CVT atau Continous Variable Transmission yang buat motor dapat jalan tanpa pakai gigi alias bisa langsung tarik gas dan jalan. Tetapi dengan berbedanya sistem tentunya memiliki perawatan yang beda pula.

Yang salah satunya merawat yang namanya roller. Roller ini merupakan salah satu komponen vital yang ada pada system CVT. Yuk pahami fungsi roller pada motor matic kalian.

Fungsi Roller Pada Motor Matic

Roller merupakan sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer pada sepeda motor jenis matic. Motor jenis matic ini menggunakan penghubung beruapa drivebelt yang bertumpu pada pulley. Nah roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.

Fungsi dari bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari pulley. Roller ini ada umurnya juga, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya kalian untuk mengganti roller motor matic kesayangan.

Simak Juga :   Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya

Kalian bisa mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi dengan menggunakan roller yang lebih berat. Dan sebaliknya jika kalian pengen mendapatkan akselerasi yang lebih responsive namun top speed akan sedikit berkurang dalam hal ini bisa menggunakan roller yang lebih ringan.

Kondisi roller yang sudah kurang bagus bisa dikenali dari bunyi klotak-klotak dari bagian box CVT motor nah kalau udah bunyi gitu sebaiknya kalian ganti karena dapat merusak komponen yang lainnya.

Masalah Tarikan Bawah Terlalu Lemot

Salah stau problem yang dirasakan oleh para pengguna PCX lokal ialah tarikannya yang terlalu smooth diputaran bawah. Dan sebenarnya hal tersebut dirasa wajar karena bobot PCX cukup berat dibandingkan motor matic lain.

Dan sebagai perbandingan PCX 150 memiliki bobot mencapai 129 kg. Sementara saudaranya Honda Vario 150 hanya 109 kg. Makanya tarikan awal PCX 150 terasa lebih lemot atau terlalu smooth.

Cara Mengatasi Atau Solusi Tarikan Bawah Lemot

Untuk solusinya bisa kalian ganti roller yang lebih ringan ketimbang standar. Roller PCX 150 memiliki berat 16 gram per satu roller. “Kalau tarikan awal mau lebih ngacir pakai roller vario 150 saja yang punya berat 15,5 gram.

Ternyata,,!! Pakai Roller Motor Ini Bikin Putaran Bawah Pada Honda PCX 150 Lebih Mantap Dan Ngacir

Jika ditotal enam roller maka roller PCX 150 lebih berat 3 gram dari punya vario 150. Kalau mau lebih ringan lagi bisa pakai roller Suzuki Skywave yang punya bobot 15 gram. Roller lebih enteng bisa bikin roller lebih cepat terlontar dan akselerasi lebih cepat.

Tapi perlu diingat kalau roller keentengan maka top speed atau kecepatan puncak jadi berkurang. Tapi untuk jalan-jalan yang macet memang lebuh baik cari putaran bawah ketimbang atas.

Simak Juga :   Inilah Tampilan Suzuki Satria Fu Menggunakan Sistem Injeksi

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata,,!! Pakai Roller Motor Ini Bikin Putaran Bawah Pada Honda PCX 150 Lebih Mantap Dan Ngacir semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂