Gas Spontan Pada Motor

Posted on

Gas Spontan Pada Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai gas spontan pada motor, yang dimana dalam hal ini meliputi manfaat & fungsinya, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Dalam hal ini sepeda motor umumnya digunakan oleh para pembalap yakni rata-rata menggunakan gas spontan, karena jarak diameter gas saat dibetot gak terlalu panjang sedangkan pada gas standart motor umumnya mempunyai jarak diamter yang panjang sehingga saat akan dibetot gas motor terlalu panjang dan membuat tangan cepet pegal. Nah berikut ini penjelasan mengenai beberapa manfaat dan fungsi dari gas spontan pada motor.

Pengertian Gas Spontan

Untuk pengertian gas spontan sendiri ialah gas pada sepeda motor untuk membuat gas lebih spontan, sesuai dengan namanya hehe menggunakan gas spontan maka gas yang kalian betot akan lebih minimal jarak diameter gas menjadi lebih pendek, yang sehingga lebih cepat untuk dapat memaksimalkan sampai puncak terakhir gas pda sepeda motor kalian.

So yang intinya gas motor spontan itu sendiri ialah umumnya gas standard “jarak betot gas diameternya lebih panjang” sedangkan gas spontan “jarak betot gas diameternya lebih pendek”. Jika motor kalian menggunakan gas psontan maka tarikan gas motor kalian akan menjadi lebih spontan.

Bila motor kalian mempunyai akselerasi yang mantab, lalu menggunakan gas spontan maka tarikan motor tersebut akan menjadi terasa narik badan tapi jika akselerasi motor kalian biasa-biasa saja maka tarikan motor tersebut tidak terlalu begitu kuat. So,,,

Baca Juga :  Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek

lalu bagus mana gas spontan atau gas standard yang semuanya kembali lagi ke kebutuhan masing-masing, bila digunakan untuk harian gas spontan juga cukup nyaman karena jarak diameter gas tersebut tidak terlalu panjang, gas standard juga cukup nyaman karena saat ditarik juga tidak terlalu keras. Ya saat memutar gas dengan menggunakan gas spontan maka akan membuat mesin motor lebih singkat menuju rpm tinggi dibandingkan gas standard.

Fungsi Utama Gas Spontan

Untuk fungsi utama dari gas spontan ini yakni sebenarnya untuk memaksimalkan moment putar saat pengendara memutar grip gasnya. Dalam penggunaan gas spontan ini aslinya yakni banyak digunakan pada jenis motor cross karena memang tipikal sirkuit motor cross yakni jaraknya pendek-pendek kemudian naik turun untuk trek yang dilaluinya, bahkan ada juga yang sampai terbang maka pengendaranya akan kesulitan memutar gas bila moment putar gasnya terlalu banyak.

Oleh karena itu untuk kepraktisan dan juga agar lebih cepat menuju perputaran mesin pada rpm tinggi terciptalah gas spontan ini untuk tipe motor cross. Saat ini gas spontan sudah banyak di apalikasikan pada beberapa jenis motor, bukan hanya motor cross tapi pada ajang balap motor underbone, balap motor drag.

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Gas Spontan

Untuk kelebihannya tentunya lebih singkat dalam memutar posisi aturan bukaan karburator saat kita mengendarai motor atau saat balapan namun umumnya banyak yang salah kaprah yakni motor dengan mesin yang memiliki tenaga pass,,,,passan malah menggunakan gas spontan, akibatnya akan membuat kerugian, maksudnya ialah ketika suplai kebutuhan bahan bakar yang disuplai tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan pada mesin sehingga akan terbuang sia,,,sia bahan bakar tersebut.

Baca Juga :  Cara Membaca Ukuran Baut Semua Tipe

Ibaratnya saat kita makan padahal di mulut masih ada makanan yang sedang dikunyah dan belum selesai dikunyah “bahkan ditelan” maka sudah disuap satu sendok lagi nah hal ini tentunya akan membuat mulut kita semakin repot mengunyah makanan yang belum ditelan tadi. So,,, dari sini coba kalian bayangkan sendiri, nah analogi hal tersebut tentunya berlaku untuk gas spontan pada mesin yang slow dalam ajang balapan maka perlu perhitungan yang cermat bukan hanya pasang aja pada motor hehehe,,,,.

Beda halnya jika gas spontan dipasang pada motor cross maka gas spontan ini sangat perlu karena bukaan yang cepat dan juga perputaran mesin bakarnya yang cepat saat menyuplai langsung buss terbakar dan keluar. Nah untuk penampakan gas spontan sendiri bisa kalian lihat dibawah ini.

Nah lalu apakah motogp dan superbike menggunakan gas spontan..?? Jawabnya dari beberapa sumber jawabannya tidak,,, kenapa..?? karena motogp dan superbike trek yang dilalui ialah panjang-panjang dan tikungan yang tajam sehingga pembalap “rider” diperlukan perasaan yang halus saat menarik gas supaya tidak slidding saat membuat gas motornya. Masih tidak percaya..?? coba kalian datang ke pameran-pameran motor dan kalian bisa putar motor moge atau motor sport tersebut pasti saat dibetot jarak diameternya lebih panjang.

Nah itulah kurang lebih penjelasan mengenai gas spontan pada motor jika motor kalian memiliki perputaran mesin yang rendah, lalu ingin menggunakan gas spontan maka dapat memilih gas spontan yang memiliki putaran yang lebih panjang jika memilih perputaran pendek maka motor akan menjadi cepat boros bahan bakar.

Demikianlah pembahasan mengenai Gas Spontan Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂