Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin Motor

Posted on

Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin Motor – Setiap pengguna sepeda motor pastinya pernah mengalami atau mendengar kebocoran kompresi dapat diartikan juga dengan hilangnya tekanan diruang bakar silinder ruang pembakaran ( combussion chamber ), tekanan akibat hasil pembakaran bahan bakar ini akan mengahasilkan power mesin yang sangat besar.

Tapi apa jadinya jika tekanan kompresi mesin mengalami kebocoran !!! hal ini pastinya akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan kondisi tenaga motor pun akan mengalami ngempos.

Cara Mengetahui Tekanan Kompresi Bocor

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui bahwa pada tekanan kompresi motor tersebut mengalami kebocoran !!! lantas bagaimana juga gejala kompresi bocor pada mesin motor tersebut !!! Tanda kompresi bocor dapat diketahui dengan menggunakan alat ukur atau juga bisa dilihat dari fisik komponennya.

Untuk cara yang paling mudah untuk dapat mengetahui kompresi bocor dengan menggunakan compression tester, alat ini cukup hanya ditancapkan pada lubang busi lalu mesin dislah hal ini untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi. Jika dibawah angka standar kebocoran bisa dari komponen ring seher sudah melemah atau bocor dari komponen klep atau klep merembes.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kompresi bocor jika tidak menggunakan sebuah alat ukur !!! biasanya mekanik melacak kebocoran kompresi mesin dengan cara melihat fisik komponen di seputaran ruang bakar.

Yang salah satu cara untuk mengetahuinya ialah dengan cara melihat warna dari elektroda busi. Bila setingan spuyer dibikin irit tapi masih boros hal ini artinya kompresi diruang bakar lemah, sehingga gas bakar di dalam ruang bakar ada yang tidak ikut terpatik api busi. Pada mesin pun sering terjadi knocking. Dengan cara seperti ini juga bisa digunakan sebagai tanda kompresi mesin mengalami bocor.

Penyebab Kompresi Bocor

Penyebab terjadinya kompresi bocor juga bisa dilacak dari paking head, dengan memberi tetesan oli hal ini menandakan bagian bocor apabila ada menimbulkan asap putih atau bergelembung bisa dipastikan ada kemungkinan kebocoran perpak mesin tersebut.

Penyebab kompresi bocor yang lainnya yang bisa disebabkan oleh setting klep banyak kotoran atau klep bengkok bahkan bisa terjadi bila ring seher lemah salah posisi ring piston atau dinding silinder baret atau tergores.

Bagi yang tidak mengerti tentang mesin atau awam tidak perlu susah untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin kerusakan kompresi bocor ini bisa dapar dirasakan efeknya saat motor sedang dipakai jalan.

Biasanya bagi kendaraan khsusnya dimotor yang mengalami kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat pada saat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh. Bahkan putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi pun terkadang hilang.

Dan cara paling gampang untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin motor ialah penggunaan bahan bakar akan terasa sangat boros dan pada komponen busi akan mengalami cepat mati dan juga pada warna busi hitam pekat.

Cukup Mudah Bukan …???

Semoga dengan adanya postingan tentang Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin Motor ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂