Cara Kerja Motor Injeksi Dan Karburator

Posted on

Cara Kerja Motor Injeksi & Karburator – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai perbedaan sistem cara kerja motor Injeksi dan Karburator, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya di bawah ini.

Sepeda motor dengan teknologi injeksi untuk saat ini memang sedang menjadi populer dibandingkan dengan sepeda motor yang masih menggunakan teknologi karburator.

Hal ini tentu saja terjadi karena motor dengan teknologi injeksi memang memiliki begitu banyak keunggulan mulai dari konsumsi bahan bakar yang irit, ramah lingkungan dan masih banyak keunggulan lainnya.

Namun tahukah kamu bagimana sih perbedaah sistem cara kerja motor injeksi dibandingkan motor dengan karburator..??

Untuk kesempatan kali kami akan mencoba untuk berbagi informasi kapada kalian mengenai penjelasan secara detail beberapa perbedaaan sistem cara kerja motor injeksi dan karburator, berikut ini informasi selengkapnya.

Sebenarnya tugas dan fungsi dari injeksi dan karburator bahan bakar pada motor sama yakni mencampur udara dan bensin secara tepat agar terjadi pembakaran sempurna di ruang bakar. Tetapi cara kerja dari karburator dan injeksi bahan bakar motorlah yang membedakan.

Perbedaan Sistem Cara Kerja Motor Injeksi Dan Karburator

Apa saja perebedaan cara kerja karburator dan injeksi motor, mari kita pelajari bersama-sama, simak uraian berikut ini.

(Injeks dan Karburator) Pada Saat Akselerasi

Pada saat akselerasi motor membutuhkan campuran bahan bakar yang lumayan kata sekitar 8:1 AFR. Pada sistem karburator dibantu dengan adanya nosel akselerator yang berfungsi menambah pasokan bahan bakar ke mesin pada saat throtle gas dibuka secara tiba-tiba.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Motor Sistem Karburator

Jika pada sistem injeksi sensor throttle position akan mengirimkan laporan ke ECM bahwa terjadi pembukaan throttle mendadak dan ECM akan memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

(Injeksi & Karburator) Pada Saat Rpm Tinggi

Pada saar rpm tinggi, pada sistem karburator main jet dan pilot jet terbuka penuh sehingga menghasilkan tenaga yang besar.

Jika pada sistem injeksi bahan bakar, sensor throttle position dan sensor kevakuman di intake manifold sama-sama mengirimkan sinyal ke ECM agar sedikit memperkaya campuran bensin untuk menghasilkan daya maksimum.

(Injeksi & Karburator) Cara Keraja Mencampur Bahan Bakar Dengan Udara

Pada sistem karburator pencampuran bahan bakar dan udara di sebabkan adanya kevakuman ruang bakar yang terjadi akibat langkah hisap piston.

Jika pada sistem injeksi, pencampuran bahan bakar dan udara yang dilakukan oleh injektor atas perintah dari ECM yang mempertimbangkan sinyal dari sensor-sensor yang menyebar di seluruh mesin dan knalpot.

(Injeksi & Karburator) Pada Saat Suhu Mesin Dingin

Saat suhu mesin dingin mesin memerlukan campuran yang kaya bensin untuk menghidupkan mesin. Pada sistem karburator untuk memperkaya campuran bensin diaktifkanlah cuk “choke” agar perbandingan bensin menjadi kaya.

Untuk sistem injeksi bahan bakar, sensor temperatur akan melaporkan keadaan temperatur mesin yang dingin agar ECM memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Motor Injeksi Dan Karburator semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂