√ Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak,,, Yuk Simak

Posted on
√ Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak,,, Yuk Simak
5 (100%) 1 vote

Injektor Motor – Dalam hal ini fungsi injektor di motor Injeksi mirip pilot jet dan main jet yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Namun part ini kerjanya dibantu oleh ECU yang memberi perintah seberapa banyak bensin yang disemprotkan.

Yang secara sederhana, fungsi injektor menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan merubah partikel menjadi kabut. Lubang kecil pada injektor tersebut mengubah bahan bakar menjadi kabut. Dengan proses pengkabutan bensin menjadi mudah terbakar di ruang bakar.

Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak,,, Yuk Simak

Lantas apakah injektor menyedot bensin dengan sendirinya ?? Tidak bensin mengalir ke injektor akibat adanya tekanan dari fuel pump. Jadi tanpa fuel pump injektor tidak akan berfungsi dengan maksimal. Harus diketahui masing-masing injektor punya kapasitas penyemprotan dalam satu menit, jadi speknya berbeda-beda juga setiap motor.

Di motor standar untuk menentukan jumlah debit bahan bakar yang disemprotkan bukan dari besarnya lubang di injektor. Tapi disetting lewat ECU yang memerintah injektor. Semakin lama ECU memerintahkan injektor menyemprot, semakin banyak juga jumlah bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar. Begitupun sebaliknya, makanya di dunia balap penggantian lebih banyak pada bagian ECU yang memerintah injektor.

Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak

Buat kalian yang doyan oprek dan bersihkan injektor sendiri, wajib baca ini. Sebab ada part kecil yang tidak boleh rusak saat kita membersihkan area injektor. Karena sekalinya part ini rusak akan ada bahaya yang timbul dari motor kita.

Simak Juga :   √ Inilah,, 3 Ciri Fuel Pump Motor Lemah Serta Solusinya

Tips ini juga berlaku untuk mekanik yang terima jasa membersihkan part injeksi. Jadi kalau di area injektor ada seal berbentuk O-ring. Sil ini terdapat diantara injektor dan dudukan intake manifold atau di Throttle Body.

Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak,,, Yuk Simak

Biarpun kecil, sil ini tidak boleh rusak atau copot, karena sebagai penjaga agar udara tidak bocor ke ruang bakar. Memasang sil kecil ini harus di injektornya. Bukan di dudukannya karena rawan terjepit dan malah bikin robek dan rusak.

Kalau sudah rusak nanti yang ada motor jadi ngaco langsamnya dan tidak bisa lari. Harga dari sil ini memang agak sepele cuma Rp 20 ribuan tapi bongkarnya agak ribet.

Demikianlah pembahasan mengenai Awas !! Saat Bersihkan Injektor Pastikan Part Kecil Ini Jangan Sampai Rusak,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermafaat bagi kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂