√ Kampas Ganda Nmax,, Ternyata Mujarab Usir Gredek Pada CVT Vario 150 !!!

Posted on

Kampas Ganda Nmax – Dalam hal ini mungkin bagi kalian pemilik motor kurang paham dengan sebuah komponen bernama Kopling Ganda. Kopling ganda merupakan sistem kopling yang memiliki dua buah mekanisme kopling pada motor matic dan bebek.

Adapun dalam hal ada dua komponen utama pada kopling ganda yakni kampas kopling ganda dan rumah kopling yang bentuknya seperti mangkuk.

Kampas Ganda Nmax,, Ternyata Mujarab Usir Gredek Pada CVT Vario 150 !!!

Fungsi Kopling Ganda

Fungsi kopling ganda ini untuk memutus tenaga dari mesin ke transmisi, yang sehinggi meski mesin hidup motor tidak akan bergerak. Kopling ganda biasa disebut juga kopling otomatis, karena bekerja berdasarkan putara mesin.

Jika mesin berputar idle atau langsam, maka kopling tidak akan bekerja untuk menghubungkan putaran mesin ke transmisi, tetapi jika putaran mesin dinaikkan atau memutar gas, maka kopling ganda ini akan bekerja dan terhubung.

Pada saat mesin dihidupkan pada RPM rendah, maka kampas mulai bergerak ke arah rumah kopling, namun kampas ini belum menyentuh rumah kopling sehingga meski kampas berputar tapi rumah kopling belum berputar.

Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling. Ketika berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan.

Simak Juga :   √ Inilah Penyebab Utama Mesin Satria Fu150 Cepat Panas

Ciri Ciri Kopling Ganda Yang Sudah Aus

Nah dalam hal ini kalian harus mengetahui ciri ciri kopling ganda yang sudah haus. Biasanya gejala yang sering dirasakan ada getaran saat kendaraan mulai berjalan. Selain itu juga tenaga yang dihasilkan pun akan menjadi berkurang. Ini disebabkan kopling ganda tidak bekerja berdasarkan putaran mesin karena aus.

Penyebab Kopling Ganda Aus

Adapun penyebab kopling ganda aus dikarenakan cara berkendara yang kasar dalam membuka dan menutup gas. Itu berpengaruh sekali ke masa pakai kampas kopling. Kalau sudah mengalami hal itu harus segera ganti.

Kampas Ganda Nmax Mujarab Usir Gredek Pada CVT Vario 150

Dalam hal ini kampas ganda Yamaha Nmax mujarab kalau pasang di Honda Vario 150. Khasiat paling utama bisa mengusir masalah gredek yang kerap muncul di CVT Honda Vario 150. Sebab kampas ganda Yamaha Nmax punya dimensi lebih panjang ketimbang punya Honda Vario 150.

Kampas Ganda Nmax,, Ternyata Mujarab Usir Gredek Pada CVT Vario 150 !!!

Jadi kampas gandanya lebih mengigit ke mangkuk, gejala gredek di CVT Honda Vario 150 pun hilang. Selain kampas ganda penyebab gredek di motor matic biasanya ialah kotoran. Kotoran yang ada di blok CVT Honda Vario berasal dari debu dari luar dan sisa dari kampas ganda itu sendiri.

Makanya biar maksimal ada sedikit modifikasi di rumah atau mangkuk kampas ganda. Mangkuk ganda dilubangi supaya kotoran cepat keluar dan juga bikin kampas ganda tidak slip. Gaya sentrifugal dari putaran kampas ganda mendorong kotoran yang ada di dalam mangkuk untuk keluar dan tidak terperangkap.

Dengan adanya lubang tadi, kotoran tidak menempel di magkuk kampas ganda. Untuk harga kamps ganda Yamaha Nmax menurut katalog spare-parts Yamaha dibanderol Rp 385 ribu. Dan sementara jasa melubangi mangkuk kamps CVT Rp 120 – Rp 150 ribu.

Simak Juga :   √ [Untuk Diketahui] 4 Penyebab Onderdil Motor Matic Yang Cepat Rusak

Demikianlah pembahasan mengenai Kampas Ganda Nmax,, Ternyata Mujarab Usir Gredek Pada CVT Vario 150 !!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂