√ Jadi Ini,,, 5 Penyebab Kelistrikan Motor Mati Semuanya,, Yuk Simak

Posted on

Penyebab Kelistrikan Motor Mati Semuanya – Walaupun sepeda motor bukanlah barang elektronika, namun dalam hal ini sebuah motor wajib  untuk diberikan tenaga listrik, hal ini karena busi motor juga memakai listrik supaya dapat memercikan apinya.

Hal demikian ini apa jadinya kalau tiba-tiba kelistrikan motor mati semua ?? dari mulai lampu mati, mesin juga mogok karena businya tidak menyala. Lantas apa sih kira-kira penyebabnya ??

Jadi Ini,,, 5 Penyebab Kelistrikan Motor Mati Semuanya,, Yuk Simak

Nah disini kami akan mengulas apa saja penyebab kelistrikan motor mati semuanya,, kalau begitu langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Kelistrikan Motor Mati

Adapun penyebab kelistrikan motor mati yang diantaranya yaitu:

Kondisi Aki Yang Tekor

Dalam hal ini fungsi aki ialah sebagai penyimpan tenaga listrik yang namanya penyimpan harus didalam aki ini tersedia arus listrik yang cukup banyak. Namun sebanyak apapun listrik yang tersimpan didalam aki kalau terus dikeluarkan juga akan menjadi berkurang.

Kejadian aki menjadi tekor penyebab pertama yang membuat kelistrikan motor kalian mati. Karena inilah penyebab yang sering membuat lampu, klakson ataupun elektrik starter tidak dapat hidup, khususnya bagi kalian yang memiliki motor dengan umur diatas 5 tahun dan belum pernah ganti aki maka dapat jadi akinya yang bermasalah.

Ciri aki tekor mesin tetap bisa dihidupkan namun pake kick start, sementara sistem kelistrikan lain yang perlu listrik tidak dapat dinyalakan. Semua lampu ataupun klakson akan kembali berfungsi ketika mesin dalam posisi menyala.

Simak Juga :   √ [100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra "Yang Rusak"

Pada Bagian Sekering Yang Putus

Sekering pada dasarnya digunakan sebagai pengaman rangkaian kelistrikan motor dari adanya aliran arus yang besar. Sekering ini akan mengantisipasi adanya gejolak aliran listrik berampere tinggi yang dapat membakar kabel-kabel kecil pada rangkaian kelistrikan motor. Saat kelistrikan motor kalian mati dan mesin juga tidak bisa hidup meski pakai kick start, bisa jadi itu masalahnya ada pada sekering yang putus.

Jadi Ini,,, 5 Penyebab Kelistrikan Motor Mati Semuanya,, Yuk Simak

Untuk perlu kalian ketahui, kalau pada motor itu tidak hanya ada satu sekering. Artinya kalau ada beberapa lampu mati namun elektrik starter masih normal maka dapat jadi putus hanya satu sekering pada kelistrikan body, kalaupun yang mati itu mesinnya dan lampu ok maka sekering kelistrikan mesin yang putus. Untuk solusinya kalian dapat mengganti sekering dengan yang baru namun sebelum menggantinya cek dulu penyebab berikutnya.

Ada Korsleting Pada Kelistrikan Motor

Korsleting terjadi saat arus positif aki langsung menempel pada masa atau arus negatif baterai tanpa melewati beban kelistrikan, hasilnya semua arus yang tersimpan akan mengalir dengan kapasitas yang tinggi.

Akibatnya ada dua,, kalau korsleting terjadi didalam rangkaian utama maka sekering akan putus dan menyebabkan semua kelistrikan motor mati total. Kalau korsleting terjadi di jalur tanpa sekering, maka aki yang akan terkuras habis, sehingga aki akan tekor.

Lantas bagaimana solusinya ?? Biasanya korsleting ini terjadi sehabis motor kalian berurusan dengan air “bisa saat dicuci atau menerjang banjir”, misal sore hari kalian mencuci motor, lalu keesokan harinya lampu motor mati semua, klakson juga mati dan starter tidak hidup. Maka cek sekeringnya dulu, kalau putus jangan langsung ganti tapi lihat apakah ada kabel terkelupas yang menempel pada body/frame motor.

Simak Juga :   "Cop Busi KTC ( Kitaco )" Inilah Fungsi & Kelebihannya

Spul Rusak

Spul ialah komponen yang mengubah putaran mesin menjadi listrik. Nantinya spul ini akan digunakan sebagai penyuplai tenaga listrik ketika mesin menyala.

Terbayang kalau spul rusak, tidak ada kelistrikan dari spul, namun mesin masih bisa hidup karena aki masih memiliki listrik. Tidak beberapa lama, motor akan langsung mogok karena aki tekor sehingga busi tidak menyala, semua lampu mati dan mesin tidak bisa dihidupkan lagi. Kalau kalian mengalami kondisi diatas, bisa jadi ada masalah pada spul motor kalian.

Kiprok Rusak Atau Lemah

Kalau spul berfungsi menghasilkan arus listrik, kiprok akan meregulasi tegangan yang keluar dari spul agar tidak lebih dari 14 V. Saat kiprok motor kalian lemah, maka tegangan yang dikirim ke kelistrikan motor juga semakin lemah “bisa dibawah 10 V”.

Akibatnya lebih besar pasak dari pada tiang, kebutuhan listrik lebih tinggi dari pada listrik yang masuk akibatnya kejadian seperti diatas akan kembali terjadi. Masalah yang berkaitan dengan spul dan kiprok itu punya ciri yang sama. Namun untuk mendeteksinya kita perlu alat multimeter.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini,,, 5 Penyebab Kelistrikan Motor Mati Semuanya,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂