√ Kiprok Motor : Fungsi Serta Penyebab Rusaknya,, Yuk Simak

Posted on

Kiprok Motor – Kiprok atau bahasa tekniknya disebut dengan regulator merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, sebab bila kiprok motor ini sampai rusak akan menyebabkan berbagai masalah pada kuda besi kita.

Kiprok Motor : Fungsi Serta Penyebab Rusaknya,, Yuk Simak

Mulai dari lampu-lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan sampai masalah pada sistem pembakaran mesin.

Fungsi Kiprok Motor

Dalam hal ini secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini ialah sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Dan pada umumnya kiprok ini memiliki 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama.

“Meskipun saat ini banyak sudah menggunakan jalur DC” dan sisanya ialah untuk jeluar kelistrikan DC yang digunakan untuk pengisian aki, pompa bahan bakar, lampu-lampu kecil seperti lampu sein dan lain sebagainya.

Nah jika sampai kiprok ini mengalami kerusaakan, maka akan dapat menyebabkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak mampu mengisi aki dengan baik.

Dan bisa dipastikan jika aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap digunakan untuk proses pembakaran, maka lama kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mengalami mogok di jalan.

Penyebab Kiprok Motor Rusak

Dan adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa sampai rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Dan ketika kiprok motor bekerja mengubah arus AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas.

Dan semakin kalian sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi juga.

Simak Juga :   √ Ternyata Ini,, Akibat Penyetelan Celah Klep Yang Tidak Tepat,,, Yuk Simak

Dan karena menghasilkan panas saat bekerja inilah kenapa pada bagian kiprok terdapat kisi-kisi/sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.

Dan selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan mudah sekali rusak.

Nah ada sedikit tips agar kiprok kalian tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan dapat dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering-sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, karena selain dapat menyebabkan umur kiprok pendek juga bahaya terhadap keselamatan.

Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya menggunakan lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya agar dapat memenuhi kebutuhan kelistrikan motor setelah dimodifikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai Kiprok Motor : Fungsi Serta Penyebab Rusaknya,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂