√ Komponen Gigi Transmisi Pada Mesin Motor Dan Fungsinya,,, Yuk Simak

Posted on

Komponen Gigi Transmisi Pada Mesin Motor – Dalam hal ini sepeda motor yang menggunakan transmisi manual memang lebih ribet dari pada sepeda motor yang menggunakan transmisi otomatis, hal ini karena pengoperasian transmisinya dilakukan secara manual menggunakan pedal kaki.

Komponen Gigi Transmisi Pada Mesin Motor Dan Fungsinya,,, Yuk Simak

Meski begitu transmisi manual tetap banyak digunakan pada sepeda motor bertipe bebek maupun sepeda motor besar. Komponen yang satu ini memang sangat penting karena mempengaruhi gerak motor. Nah ada 2 jenis type transmisi ada yang manual dan juga yang otomatis, untuk penjelasannya mari kita simak ulasan dibawah ini:

Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis ialah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Roda gigi planet berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual

Pada sistem transmisi otomatis ini digunakan tekanan minyak transmisi otomatis dan mekanisme gesek untuk mengubah tingkat kecepatan.

Transmisi Manual

Transmisi manual ialah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan atau pun menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual.

Dan biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur “R”, gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gearbox untuk beberapa kecepatan.

Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.

Simak Juga :   √ 7 Komponen + Fungsi Sistem Pengisian Sepeda Motor

Komponen Gigi Transmisi Pada Mesin Motor Dan Fungsinya,,, Yuk Simak

Sepeda motor selain dapat meneruskan atau memindahkan tenaga hasil output mesin ke roda, sepeda motor juga harus mampu berjalan dalam semua kondisi jalanan baik jalan yang datar maupun menanjak atau menurun.

Dan oleh karena itu sepeda motor membutuhkan sistem pemindah tenaga didalam sistem pemindah tenaga terdapat komponen transmisi. Komponen utama pada gigi transmisi sepeda motor terdiri dari rangkaian susunan gigi-gigi yang berpasangan dan berbentuk.

Kemudian menghasilkan perbandingan gigi-gigi, salah satu pasangan gigi berada di poros utama “input shaft atau main shaft” dan pasangan gigi lainnya ada di poros keluar “output shaft atau counter shaft”, jumlah gigi kecepatan yang ada pada transmisi tergantung dari model dan fungsi sepeda motornya.

Semisal sepeda motor tipe bebek biasanya menggunakan gigi berjumlah 4, untuk sepeda motor kelas menengah ke atas biasanya gigi transmisinya berjumlah 5, dan cara pengoperasionalnya untuk mengunci gigi ialah dengan menekan atau menginjak pedal transmisi.

Fungsi Transmisi

Transmisi atau gigi transmisi berfungsi untuk mengatur momen atau tenaga mesin sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui mesin sepeda motor, momen atau tenaga mesin tersebut selanjutnya diatur dan dibagi tingkat kecepatannya.

Sedangkan prinsip kerja dari sistem transmisi ialah mekanisme yang bisa dipakai untuk mengubah kecepatan putaran poros engkol menjadi kecepatan yang diinginkan untuk tujuan tertentu dan sesuai dengan kondisinya pada sepeda motor, bagian transmisi juga tidak sedikit bisa menjadi penyebab engkol motor keras karena kurangnya perawatan atau pun hal yang lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Komponen Gigi Transmisi Pada Mesin Motor Dan Fungsinya,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂