√ [Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac

Posted on

[Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator AC yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian generator, Macam-macam jenis generator, konstruksi generator dan fungsi rangkaian generator, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

[Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac

Seperti magnet roda daya, generator AC merupakan generator magnet dengan fungsi penerangan, pengisian dan pengapian, bagaimanapun juga generator AC mempunyai kapasitas pembangkit yang lebih tinggi dari pada magnet roda daya.

Pengertian Generator

Generator merupakan mesin yang mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik.

Generator menghasilkan arus listrik induksi dengan cara memutar kumparan di antara celah kutub utara-selatan sebuah magnet. Jika kumparan diputar, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berubah-ubah sesuai dengan posisi kumparan terhadap magnet.

Perubahan jumlah garis gaya magnetik inilah yang menyebabkan timbulnya ggl induksi di ujung-ujung kumparan sehingga menghasilkan energi listrik.

Macam-Macam Jenis Generator

Ada dua jenis generator, yaitu generator arus bolak-balik yang disebut juga alternator dan generator arus searah. Tahukah kamu perbedaan antara generator arus bolak-balik dan generator arus searah?

Perbedaan generator arus bolak-balik dengan generator arus searah hanyalah pada bentuk cincin yang berhubungan dengan kedua ujung kumparan.

Pada generator arus bolak-balik terdapat dua buah cincin, dengan tiap cincin berhubungan dengan tiap ujung kumparan. Pada generator arus searah hanya terdapat sebuah cincin yang terbelah di tengahnya yang dinamakan cincin belah atau komutator.

Simak Juga :   Cara Memeriksa Sistem Pengapian Sepeda Motor [Pada Busi]

Konstruksi Generator

[Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac

Generator AC terdiri dari sebuah stator dan sebuah rotor, stator terpasang pada crankshaft atau penutup generator ( generator cover ) rotor terbuat magnet permanen dan terpasang pada crankshaft.

Fungsi Dasar Rangkaian Generator

Pada generator AC seperti ditunjukkan gambar semua arus bolak-balik diubah menjadi arus searah sebelum diberikan pada battery dan beban, untuk alasan ini.

Rektifikasi gelombang penuh ( full ware rectification ) yang memberikan hasil lebih baik dan efisien digunakan. Sama seperti magnet roda daya.

Induktansi kumparan generator meningkat seiring dengan meningkatnya putaran, sehingga arus output maksimum dikontrol secara otomatis.

[Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac

Demikianlah pembahasan mengenai [Harus Tahu] Konstruksi Dan Fungsi Pengisian Generator Ac semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: