[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

Posted on
[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya
5 (100%) 1 vote

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya – Bagi umumnya orang sudah pasti belum seberapa mengerti kegunaan dan kegunaan transmisi pada kendaraan, nah disini akan membicarakan tentang transmisi tersebut. Transmisi adalah suatu komponen mesin yang difungsikan merubah kecepatan dan tenaga putar berasal dari mesin ke sebuah roda, Sehingga perihal ini mampu digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Seperti yang diketahui bahwa sistem transmisi terdiri atas beberapa tingkat kecepatan yakni keliru satunya sepeda motor atau mobil bersama 4 kecepatan. Atau lebih-lebih tersedia yang lebih berasal dari 4 kecepatan lebih-lebih tersedia yang sampai 5 ataupu 6 kecepatan.

Tujuan pergantian tingkat kecepatan yakni untuk menghasilkan tenaga dan untuk mampu merubah laju kecepatan kendaraan. Seperti yang sudah diketahui di dalam pengendaraan baik di sepeda motor maupun di mobil tiap-tiap kecepatan mempunyai kegunaan atau manfaat yang berbeda-beda di dalam pengendaraannya.

Untuk awal pada transmisi selamanya memakai percepatan 1 atau gigi 1 sesudah itu kita pindah kecepatan selanjutnya secara bertahap sesuai bersama suasana dan kepentingan atau kebutuhan di dalam pengendaraannya.

Kecepatan tinggi

Pada prinsipnya kecepatan tinggi atau menaikkan sebuag kecepatan adalah gigi besar memutar gigi kecil seumpama gigi yang besar punya 60 mata dan gigi kecil memilki 30 mata gigi. Untuk gigi yang besar selanjutnya memegang manfaat sebagi pemutar dan gigi yang kecil sebagai gigi yang diputar.

Simak Juga :   √ Fungsi Dan Cara Pemasangan Piston, Ring Piston Dan Connecting Rod ( Con Rod ) Yang Perlu Diketahui

Apabila gigi yang besar berputar 600 kali maka gigi yang kecil akan berputar 2 kali lipat yaitu 1200 kali, dengan begitu udah terjadi penaikan kecepatan berasal dari 600 kali menjadi 1200 kali.

Kecepatan lambat

Pada komitmen untuk kecepat lambat ini yaitu gigi kecil memutar gigi besar seandainya gigi kecil punyai kuantitas gigi sebanyak 20 mata, semenatar gigi yang besar punyai kuantitas mata gigi sebanyak 80 mata gigi.

Untuk gigi yang kecil memegang guna sebagai pemutar dan gigi yang besar sebagai gigi yang diputar seandainya gigi yang kecil berputar 100 kali maka terhadap gigi yang besar bakal berputar 25 kali. Dengan demikianlah udah terjadi penurunan kecepatan putaran berasal dari 100 kali jadi 25 kali.

Yang sering jadi pertanyaan kenapa putaran lambat dapat menghasilkan tenaga yang besar !!

Coba dicermati hasil pada putaran lambat !! putaran awal adalah 100 danputaran hasil yakni 25 atau dapat disederhanakan jadi 4:1. Untuk diketahui bahwa putaran mesin ini yang digunakan untuk menjalankan kendaraan. Sementara beban yang bakal diangkat adalah berat dari penumpang dan berat dari sebuah mobil / motor tersebut.

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

Pada umpama untuk kecepatan lambat layaknya diatas adalah dibutuhkan 4 kali untuk mengangkat 1 kali beban dari kendaraan berikut ataupun dapat diilustrasikan bahwa beban itu dicicil selama 4 kali untuk 1 kali angkatan beban. Sementara terhadap umpama kecepatan tinggi 60 kali putaran awal dan putaran hasilnya 1200. Atau dapat kami sederhanakan 1 : 2. Pada kecepatan tinggi dibutuhkan 1 kali untuk 2 kali angkatan beban.

Pada kendaraan baik sepeda motor maupun mobil gigi pemutar dihubungkan dengan as masuk transmisi/input shaft transmisi jadi gigi yang pemutar meraih tenaga putar dari mesin selagi gigi yang diputar mendapat jalinan dengan as keluaran dari transmisi.

Simak Juga :   Inilah Cara Mengetahui, Mekanisme Pencegah Gigi Loncat

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

Demikianlah pembahasan mengenai [Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :