Masalah Motor Matic Dan Mengatasinya

Posted on

Motor Matic – Untuk dapat mengetahui berbagai kelemahan serta keluhan yang sering terjadi pada motor matic akan memberikan pemahaman dan juga bisa dijadikan suatu pembelajaran mengenai bagaimana cara untuk penanganannya supaya kendaraan skutik anda tetap dalam kondisi yang prima.

Untuk melakuka perawatan secara teratur supata performa motor matic anda tetap terjaga merupakan sebuah langkah yang paling tepat, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa pada komponen akan habis atau rusak seiring dengan waktu dan pemakaian memang hal ini tidak dapat dihindari namun setidaknya untuk usia pemakaian bisa dibuat lebih panjang atau awet.

Nah berikut ini beberap masalah motor pada motor matic dan solusinya, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

Akselerasi Berat, Bensin Menjadi Boros Dan Asap Knalpot Kehitaman

Apabila usia pakai pada motor matic sudah memasuki atau mendekati setahun masalah ini akan menjadi cenderung timbul yang disebabkan oleh komponen filter udara. Yang sesuai arti dari filter udara yang berarti penyaring udara, pada perangkat ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke karburator atau injektor pada mesin.

Dala hal ini tentu jika part satu ini menjadi rusak atau kotor maka akan dapat menghambat jalannya udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin. Untuk gejalanya pada mesin apabila filter udara ini menjadi kotor maka seperti dengan belt CVT yang aus.

Untuk kondisi putaran motor matic pada putaran bawah atau pelan terasa menjadi berat atau lambat. Juga akan menimbulkan gejala knocking dan akan membawa pengaruh juga pada komponen busi. Pada busi juga akan berwarna hitam, karena dengan berkurangnya aliran udara maka campuran yang tercipta di dalam mesin akan menjadi lebih banyak bensin dan sedikit udara. Makanya asap knalpot jadi hitam dan bensin jadi sedikit lebih boros.

Motor Brebet Dan Tidak Langsam

Komponen karburator memiliki fungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang akan dikirim ke dalam ruang bakar untuk dibakar, bagian ini mengatur jumlah bensin dan udara yang akan dibakar. Nah, apabila muncul gejala matic brebet alias tersendat dan tidak mau langsam “stationer” maka disinilah sumber permasalahannya.


Biasanya kerusakan terjadi pada piston skep yang bocor dan pada karet karbu vakum yang bocor, sobek atau terjepit. Juga bisa jadi spuyer tersumbat, problem ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang.

Nah untuk perbaikinya pada karet vakum yang terjepit dengan membukanya kemudian dibenarkan kembali seperti semula yang kejepit Dan apabila karet yang sudah robek maka dengan mengganti yang baru. Untuk piston skep yang sudah baretnya terlalu besar maka gantilah dengan yang baru. Apabila dalam perbaikan anda bingung maka serahkan ke bengkel saja, karena bagi yang awam hal demikian agak rumit untuk dapat mengatasinya sendiri.

Dari kedua persolana di atas tersebut yang paling sering dan paling umum dan juga yang paling mudah untuk dideteksi pada motor matic standart. Sebenarnya masih banyak yang perlu diketahui mengenai macam-macam permasalahan serta keluhan pada motor matic. Tapi untuk kali ini hanya itu saja yang bisa diulas yang pada umumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂