√ Yuk Simak,, Cara Mudah Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat

Posted on

Membersihkan Lem Stiker – Dalam hal ini zaman now sebagian besar bahan materialnya khususnya di roda dua yakni motor tersusun dari dua macam jenis plastic. Yang dimana mulai dari batok atas, tebeng/sayap sampai ke bodi kanan kiri.

Namun kalian tahu tidak hal demikian terdapat dua jenis plastic yang ada di sepeda motor ?? “Kalau di bodi motor itu ada dua jenis pertama plastis ABS dan plastic PP”. ABS disini bukan piranti keselamatan dalam pengereman tapi Akrilonitril Butadiena Stiren.

Yuk Simak,, Cara Mudah Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat

Yang singkatnya, ABS merupakan jenis plastis yang diproses dan digunakan untuk bodi motor plastic ABS yang punya ciri khas rigis dan punya permukaan halus. “Kalau plastis ABS itu Akrilonitril butadiene stiren, sejenis plastic yang dibuat khusus bodi motor.

“Plastik ABS punya ciri rigid namun mudah dibentuk dip proses pabrik”. Dalam pengecetan, plastic ABS biasanya yang mudah untuk diwarnai. Nah yang biasa di cat warna bodi itu dikelirkan di plastic ABS ini.

Plastik kedua ialah plastis PP. “PP itu kepanjangan dari Polipropilena, plastik PP ini punya ciri yang lentur tapi bertekstur kasar. “Kalau di motor biasanya plastik PP ada di tameng knalpot, spakbor belakang”.

Plastik PP juga dikenal dikalangan modificator dan painter. “Plastik PP ini biasa dikenal sebagai plastis dashboard”. Lantas bagaimana untuk membersihkan lem stiker tanpa harus merusak cat ??

Cara Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat

Emang dalam hal ini menjengkelkan sih apabila melihat noda sisa lem menempel, sudah dicuci pakai sabun tetap tidak bisa membersihkan lem stiker. Dengan menggunakan benda tajam, seperti obeng atau pisang ialah cara ngawur untuk membersihkan lem stiker.

Simak Juga :   [Paling Mudah] Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Bukannya bersih, body malah jadi baret, pakai bensin atau thiner pun riskan, karena bahan kimia dalam cairan tersebut dapat merusak cat body. Jangan emosi duluan buat membersihkan sisa lem di body, ada kok cara aman buat membersihkan lem stiker, dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

Yuk Simak,, Cara Mudah Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat

Minyak Kayu Putih

Cairan buat menghangatkan tubuh ini ternyata bisa melunakkan dan melunturkan sisa lem. Cara pakainya, tuang sedikit minyak kayu putih ke noda bekas lem. Lantas gosok perlahan dengan lap bersih. Ulangi beberapa kali untuk memastikan lem sudah bersih, setelah itu bilas dengan air sabun cuci motor supaya sisa lem gak menempel lagi.

Cuka Makan

Selain digunakan untuk membuat masakan, cuka juga ampuh dijadikan penggerus noda bekas lem. Prosesnya sama seperti menggunakan minyak kayu putih. Tuang lalu gosokkan di bagian yang ada noda. Ingat gosoknya santai saja dan pastikan lem benar-benar, bersih lalu bilas dengan air sabun. Oh ya cuka ini juga dapat menghilangkan karat di bagian-bagian yang terbuat dari logam.

Kompon

Material ini mungkin yang paling aman dan ampuh digunakan untuk membersihkan noda bekas lem. Kompon dapat menghilangkan baret-baret halus di body motor sekaligus menghilangkan noda bekas lem.

Oles kompon ke bagian yang bernoda, lalu gosok memutar dengan kain halus sampai bersih. Tapi jangan gunakan kompon terlalu banyak karena berisiko memudarkan warna cat.

Nah kalian tinggal tentuin mau pakai yang mana buat membersihkan body motormua dari bekas stiker. Noda bekas lem jangan dibiarkan terus menempul, karena kalau sudah tercampur banyak debu dan kotoran lainnya bakal lebih sulit dibersihkan dan body terlihat dekil, gak pede deh dibawa kemana-mana.

Simak Juga :   √ Penyebab Motor Brebet Pada Kecepatan Sedang Dan Pada Kecepatan Tinggi

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Cara Mudah Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂