√ Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya

Posted on
√ Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya
5 (100%) 1 vote

Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya – Dalam hal ini sering kita menemui keadaan dimana pada saat motor akan kita pakai, tiba-tiba mesinnya menjadi ngadat alias susah untuk dihidupkan. Dan apalagi motor kita sudah injeksi, lalu apa penyebabnya dan bagaimana soluinya?? Nah kali ini akan membahas 3 hal yang paing sering menyebabkan motor injeksi susah hidup,, simak pemaparannya dibawah ini.

Sistem injeksi itu berbeda dengan karburator, sistem injeksi mirip seperti mesin diesel dimana dalam hal ini bahan bakar dari tanki harus selalu tersambung tanpa ada celah udara. Karena kalau ada sedikit saja udara yang masuk maka sistem injeksi dapat masuk angin.

Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya

Dan sementara untuk pengontrolnya sistem injeksi menggunakan ECU yakni perangkat micro controller yang mengatur durasi dan timming pembukaan injektor. Sehingga kadar bensin yang masuk ke ruang bakar dapat ideal pada RPM berapapun.

Lantas Apa Yang Menyebabkan Motor Injeksi Susah Dihidupkan ??

Secara umum motor yang susah hidup itu dapat disebabkan karena kegagalan pengapian, bensin yang tidak sampai ke ruang bakar atau bocor kompresi. Namun yang paling sering sekali ada 3 sebagai berikut:

Tegangan Aki Melemah

Pada motor injeksi aki memiliki peran yang terpenting khususnya pada saat mesin akan dihidupkan. Pasalnya aki tidak hanya dipakai untuk elektrik starter tapi juga untuk menyuplai sumber daya pada ECU.

Simak Juga :   √ Performa Aki Ngedrop Pada Motor Injeksi ?? Inilah Yang Akan Terjadi ???

Ketika tegangan aki turun walau belum drop, maka tegangan yang masuk ke ECU juga menjadi lebih rendah dari normalnya “12 V” hal ini akan menyebabkan ECU eror, yang sehingga selain elektrik starter yang lemah mesin juga sulit sekali dighidupkan bahkan sampai aki drop.

Dan untuk masalah ini kalian tidak perlu pusing cukup gunakan kick starter, karena kalau aki drop yang berpengaruh itu sistem elektrik starter dan ECU sebelum mesin hidup. Namun ketika mesin berhasil dihidupkan menggunakan kick starter, maka kelistrikan motor pun akan disuplai oleh spull. Jadi meski akinya drop motor injeksi tetap dapat nyala.

Brush Motor Starter Aus

Dan selanjutnya juga masih berhubungan dengan sistem starter, gejala aki drop dan brush starter yang aus itu hampir sama. Karena ketika tombol start ditekan, motor starter terkesan loyo dan tidak bertenaga.

Namun kalau disebabkan karena aki drop biasanya lampu akan redup dan klakson akan sember. Kalau disebabkan oleh starter brush yang aus, maka kelistrikan lainnya seperti lampu dan klakson tetap prima. Jadi ketika starter motor kalian terasa loyo cek lampu dan klakson kalau masih prima maka kalian perlu mengganti starter brush.

Bensin Di Dalam Tanki Hampir Habis

Pada beberapa motor akan muncul gejala susah start saat bensin didalam tanki hampir habis, hal itu karena pompa bensin pada motor injeksi itu terendam di dalam tangki.

Kalau tankinya penuh lubang masuk pada pompa terendam sepenuhnya, tapi kalau bensinnya hampir habis, lubang masuk ini bisa saja kemasukan udara, sehingga sistem injeksi bisa masuk angin.

Jadi kalau kalian menemui gejala motor susah hidup dan ternyata indikator bensin sudah menunjukan E, maka langsung saja di isi bensinya. Untuk mengatasi motor injeksi masuk angin, cukup putar kunci kontak ke ON dan OFF selama sekitar 4 kali, baru hidupkan seperti biasa.

Simak Juga :   √ Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya,,

Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya

Untuk penyebab lain yang dapat membuat motor injeksi sudah hidup diantaranya yaitu:

  • Busi mati, tapi ini terjadi pada motor yang jarang diservis.
  • Ada sensor yang rusak/kabel putus, kalau masalah kelistrikan seperti ini maka cek engine yang berwarna kuning pada dashboard akan menyala, kalau sudah begini segera bawa motor ke bengkel untuk discan.
  • Bocor kompresi, ini juga sering terjadi pada motor yang berusia diatas 8 tahunan. Saat kompresi bocor, mesin akan susah hidup ketika mesinnya masih dingin atau dipagi hari. Gejala lain yang menunjukkan bocor kompresi ialah power mesin yang menurun drastis.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Injeksi Susah Dihidupkan,, Inilah Penyebab & Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂