√ Yuk Simak,, Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi ?? Ternyata Tanda Komponen Ini Minta Ganti,,, ???

Posted on

Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi – Ring Piston merupakan salah satu komponen yang dipasangkan dalam alur ring “ring grove” pada piston atau torak. Diameter luar ring torak sedikit lebih besar dibanding dengan piston itu sendiri.

Ketika ring piston terpasang pada piston, karena ring piston itu sifatnya elastis maka menyebabkan mengembang, sehingga menutup dengan rapat pada dinding silinder. Ring piston terbuat dari bahan yang dapat bertahan lama, umumnya dibuat dari baja tuang spesial, yang tidak akan merusak dinding silinder.

Yuk Simak,, Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi ?? Ternyata Tanda Komponen Ini Minta Ganti,,, ???

Jumlah pegas torak bermacam-macam tergantung jenis mesin yang digunakan, tetapi umumnya 3 sampai 4 ring piston untuk tiap pistonnya.

Fungsi Ring Piston

Adapun fungsi ring piston ada 3 yaitu:

  • Mencegah kebocoran campuran udara dan bahan bakar serta gas pembakaran melalui celah antara piston dengan dinding silinder kedalam bak engkol selama langkah kompresi dan langkah pembuangan.
  • Mencegah oli masuk ke ruang bakar.
  • Memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk mendinginkan piston.

Apabila ring piston sudah aus maka akan terdapat gejala kurang tenaga, mesin ngebul, pemakaian oli boros dan tekanan kompresi rendah.

Persyaratan Ring Piston

Adapun persyaratan ring piston yang diantaranya yaitu:

  • Tahan aus dan sifat luncur baik.
  • Mempunyai kualitas pegas/defleksi yang baik.
  • Defleksi pegas tidak berubah akibat temperatur yang tinggi.

Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi

Dalam hal ini salah satu komponen yang wajib diperhatikan kondisinya secara berkala ialah ring piston. Kalau sampai ring piston bermasalah, oli mesin jadi cepat habis sekaligus performa mesin jadi berkurang.

Simak Juga :   √ Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!!

Cara mengetahui ring piston yang sudah mulai lemah pun cukup mudah. Diantaranya ialah keluarnya asap dari knalpot alias ngebul. Tapi ngebulnya berbeda dari efek seal klep yang bocor.

Dan biasanya kalau ring piston mulai lemah asapnya keluar banyak ketika motor digeber atau pada saat RPM tinggi saja. Dan biang keroknya yang bikin ring piston lemah ialah kerak. Kerak-kerak itu muncul akibat sisa pembakaran enggak sempurna atau dari penumpukan kotoran.

Yang tadinya piston itu main “buka dan nutup” jadi kaku lantaran ketahan kerak-kerak yang ada di dinding piston. Ring piston bergerak menyesuaikan gerak piston juga ada maksudnya. Jadi saat piston bergerak naik, ring berfungsi untuk Manahan kompresi.

Nah kalau piston turun fungsinya untuk menyapu oli yang ada di dinding blok silinder. Nah biasanya kalau ring piston sudah lemah tarikan motor pun jadi enggak enak. Ya pasti dong kompresinya jadi bocor akibat ring piston tidak main.

Yuk Simak,, Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi ?? Ternyata Tanda Komponen Ini Minta Ganti,,, ???

Nah asap putih di knalpot itu berasal dari oli yang ikut terbakar akibat ring piston tidak bias menyapu oli dengan sempurna di dinding piston. Kalau sudah begitu volume oli pasti akan berkurang “susut” tiba-tiba.

Soalnya oli yang harusnya disapu ring piston dan kembali ke mesin bagian bawah malah ikut terbakar. Makanya kalau mendapatkan ciri-ciri yang disebutkan tadi segera periksa bagian ring piston kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi ?? Ternyata Tanda Komponen Ini Minta Ganti,,, ??? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Yuk Simak,, Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi ?? Ternyata Tanda Komponen Ini Minta Ganti,,, ???
5 (100%) 1 vote