[Panduan Perawatan & Harga Spare Part] Servis Honda Vario 150 eSP

Posted on

[Panduan Perawatan & Harga Spare Part] Servis Honda Vario 150 eSP – Dalam hal ini untuk interval berkala Vario 150 eSP ialah tiap 4 ribu km atau tiga bulan sekali tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Meski belum lama dirilis, tidak ada salahnya untuk melihat jadwal perawatan berkala dari Honda Vario 150 eSP. Skutik bertampang futuristis ini, ternyata punya check list perawatan berkala tak ubahnya skutik Honda yang lainnya.

Tentunya dalam perawatan harus dilakukan untuk menjaga performanya agar tetap baik, oleh karena itu kami kali ini memberikan sebuah gambaran saat akan melakukan servis rutin. Sama seperti motor Honda yang lainnya, ada banyak part yang harus di cek tiap kali melakukan servis. Tapi hal utama ialah penggantian oli, pengecekan kerenggangan klep, serta membersihkan filter udara.

[Panduan Perawatan & Harga Spare Part] Servis Honda Vario 150 eSP

Dan bila ditemukan kerusakan pada komponen, disarankan untuk diperbaiki atau ganti baru. Untuk interval berkala pada motor Vario 150 eSP ialah tiap 4 ribu km atau tiga bulan sekali. Hal ini tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Bagian Yang Setiap Kali Servis Atau Check List

Setiap kali servis ada belasan check list meliputi:

  • Pengecekan saluran bensin
  • Filter bensin
  • Jarak kosong putaran gas
  • Pernafasan crankcase
  • Busi
  • Jarak renggang klep
  • Saringan kasa oli mesin
  • Putaran stasioner
  • Belt CVT
  • Keausan kampas kopling
  • Minyak rem
  • Keausan kampas rem
  • Sistem rem secara keseluruhan
  • Cara kerja brake lock
  • Cek keaktifan seluruh lampu
  • Arah sinar lampu
  • Standar samping
  • Dan yang terakhir tekanan angin pada ban
Baca Juga :  Cara Mudah Memperbaiki Injektor Motor Pada Motor Injeksi,, Yuk Simak

Dalam hal untuk memastikan jarang renggang busi berada pada jarak 0,8 hingga 0,9 mm. Untuk celah klep in diberikan jarak 0,10 dan 0,25 mm untuk ex-nya. Dan tidak kalah penting ialah membersihkan filter udara.

Untuk diingat komponen ini tidak dapat dibersihkan dengan bensin karena tipenya kertas berpelumas oli atau yang biasa disebut dengan istilah wet element cleaner. Membersihkannya hanya menggunakan semprotan angin dari kompresor.

Filter seperti ini memiliki umur pakai yakni 16.000 km, namun jika kondisinya sudah kurang baik atau kerap melewati daerah berdebu sebaiknya ganti lebih cepat. Dan sedangkan untuk penggantian oli mesin, awal motor baru turun ke tangan konsumen pada 1.000 km pertama harus langsung ganti.

Di awal penggunaan, biasanya banyak gram atau serbuk logam di dalam oli. Makanya harus segera diganti agar mesin aman dan sehat. Untuk selanjutnya penggantian oli dilakukan setiap kelipatan 4.000 km untuk mesin dan 8.000 km untuk oli transmisi. Oli transmisi pada Vario 150 eSP agak berbeda, butuh dua botol dengan isi 120 ml tiap botolnya.

Dan untuk oli mesin tersedia dalam 2 pilihan ada oli mesin yang biasa AHM Oil SPX-1 dan Synthetic atau AHM Oil SPX-2. Keduanya punya viskositas yang sama SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB.

Selain itu pengecekan juga seperti:

  • Cek kerenggangannya, busi wajib ganti tiap 8.000 km
  • V-Belt jangan sampai putus dijalan, sebaiknya ganti tiap 24.000 km untuk harganya Rp 348.000
  • Jangan lupa cek juga kampas rem demi keselamatan berkendara
  • Oli transmisi butuh dua botol, satu botol isi 120 ml, lakukan penggantian tiap 8.000 km

Servis Honda Vario 150 eSP

Adapun servis Honda Vario 150 eSP yang lainnya perlu diperhatikan yaitu:

Baca Juga :  12 Kode Sistem Diagnosa Motor Injeksi

1 Tahun / 12.000 km

Tepat di tahun pertama, hanya ada penggantian oli dan cairan pendingin radiator, karena memang umur cairan radiator sendiri hanya 12.000 km. Jadi jangan sampai lupa untuk mengganti water coolant supaya terhindar dari gejala overheat. Sisanya hanya dengan mengecek dan membersihkan part lain seperti pernapasan bak mesin dan filter udara.

2 Tahun / 24.000 km

Di usia ke dua ini ada 5 part yang harus diganti yaitu busi, oli mesin, V-belt, cairan pendingin radiator dan oli transmisi. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk servis di tahun kedua ini sekitar Rp 452.500 diluar ongkos servis.

3 Tahun / 32.000 km

Masuk usia ketiga, komponen yang perlu diganti ialah filter udara, busi, oli mesin, cairan pendingin radiator dan oli gear transmisi dengan estimasi biaya sekitar Rp 150.000 di luar ongkos servis.

Harga Komponen:

  • Busi : Rp 17.500
  • Filter udara : Rp 45.000
  • AHM Oil SPX-2 : Rp 45.500
  • AHM Oil SPX-1 : Rp 39.500
  • Kampas rem depan : Rp 50.000
  • Kampas rem belakang : Rp 46.500
  • Air radiator : Rp 17.500
  • V-belt : Rp 348.000
  • Roller : Rp 47.000
  • Oli transmisi : Rp 12.000 /botol 120 ml
  • Minyak rem : Rp 6.500
  • Sok belakang : Rp 197.000
  • Ban depan : Rp 185.000
  • Ban belakang : Rp 213.000

Demikianlah pembahasan mengenai [Panduan Perawatan & Harga Spare Part] Servis Honda Vario 150 eSP semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂