√ Jadi Ini,, Efek Panjang Ulir Busi,,, Enggak Sesuai Dapat Bikin Mesin Jebol !!!

Posted on

Efek Panjang Ulir Busi – Busi merupakan sebuah suku cadang yang diletakkan pada bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung elektroda busi pada ruang bakar. Fungsi busi ialah bertugas untuk memercikan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi sampai menjadi langkah usaha.

Jadi Ini,, Efek Panjang Ulir Busi,,, Enggak Sesuai Dapat Bikin Mesin Jebol !!!

Cara Kerja Busi

Dan sementara itu cara kerja busi dimulai ketika arus listrik dihidupkan oleh koil pengapian. Perlu dicatat koil menghasilkan sumber listrik yang cukup tinggi, arus listrik tersebut lalu mengalir ke distributor, kabel tegangan tinggi dan juga busi.

Nah pada saat arus listrik ada dibusi, arus tersebut akan lompat dari elektroda tengah menuju elektroda negative “massa”. Proses inilah yang menghasilkan percikan bunga api yang bertugas untuk membakar kabut bahan bakar sehingga membuat mesin motor dapat hidup dan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk hal demikian penting banget memang peran busi dalam sebuah mesin, apabila busi dalam motor mati tentu mesin akan tidak bisa dihidupkan.

Efek Panjang Ulir Busi

Nah pada badan busi pasti memiliki ulir agar dapat terpasang di kepala silinder. Panjang ulir busi memiliki ukuran yang beraga, hal ini menyesuaikan dari konstruksi mesin itu sendiri. Lantas bagaimana bila panjang ulir busi yang terpasang tidak sesuai dengan mesin, entah itu terlalu pendek atau terlalu panjang ??

Dari pabrikan seperti NGK panjang ulir busi pasti sudah disesuaikan dengan masing-masing mesin. Bila terlalu pendek atau terlalu panjang pasti menimbulkan risiko tersendiri. “Kalau ulir busi terlalu pendek dari drat yang ada di kepala silinder akan membuat masalah karena kerak karbon akan menumpuk di bagian drat busi yang tidak tertutup”.

Simak Juga :   Tips Yang Paling Efektif Dalam Memilih Bahan Bakar

Selain itu titik nyala api pun akan berubah yang berimbas ke tenaga mesin yang tidak maksimal. Bila kerak karbon menumpuk dan didiamkan akan berakibat mengganggu api busi yang memercik. Tidak maksimalnya pembakaran selain dari titik nyala api yang tidak pas, kompresi mesin pun akan sedikit turun.

Hal ini karena adanya sedikit ruang akibat ulir busi tidak pas dengan kepala silinder. Sebaiknya kalau ulir busi terlalu panjang pun akan sangat lebih berbahaya. Kepala busi yang terlalu menonjol keluar dari kepala silinder kemungkinan akan membentur kepala piston.

Jadi Ini,, Efek Panjang Ulir Busi,,, Enggak Sesuai Dapat Bikin Mesin Jebol !!!

“Mungkin efek awalnya hanya seperti mesin brebet karena elektroda massa membentur kepala piston yang membuat gap busi menjadi lebih pendek”. Namun bila terus didiamkan bisa membuat kepala piston retak akibat benturan.

Kalau sudah begini mesin bisa jebol hanya karena busi yang tidak sesuai. Maka dari itu pemilihan ulir busi juga penting untuk diperhatikan agar sesuai dengan spesifikasi masing-masing mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini,, Efek Panjang Ulir Busi,,, Enggak Sesuai Dapat Bikin Mesin Jebol !!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂