√ Yuk Simak,, Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas Serta Solusinya

Posted on

Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas – Motor matic mempunyai keunggulan berupa transisi yang halus dari kecepatan rendah menuju kecepatan tinggi. Nah wajar saja, motor matic memang sudah menggunakan transmisi otomatis yang perpindahan giginya dilakukan secara otomatis. Kalau dibandingkan motor matic memang lebih mudah dan nyaman dikendarai ketimbang motor manual apalagi yang memakai kopling.

Secara sederhananya kalian tinggal duduk dan menarik tuas gas saja untuk mengendarai motor matic. Tidak perlu lagi memikirkan soal ganti gigi, apalagi memainkan kopling. Motor matic menyuguhkan pengalaman berkendara yang nyaman sejak awal.

Yuk Simak,, Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas Serta Solusinya

Nah itu sebabnya motor matick seperti Honda Vario, Yamaha Nmax, Lexi dan Suzuki Nex sangat populer bagi pengendara pemula dan mereka yang membutuhkan kenyamanan. Bagi yang baru belajar motor matic dapat menjadi kendaraan ideal untuk mulai latihan berkendara.

Namun tidak selamanya semuanya berjalan dengan halus di motor matic. Kalau motor matic kalian sudah dipakai beberapa waktu, mungkin kalian akan merasa motormu terasa bergetar hebat ketika mulai dinyalakan. Penyebab motor matic bergetar saat digas di putaran rendah ini biasanya ada di komponen CVT “Continuously Variable Transmission”.

Dan mungkin pada awalnya kalian hanya merasakan getaran halus di motor kalian. Tapi lama kelamaan getaran itu semakin besar sampai terasa di seluruh bodi motor. Bahkan saat awal dikendarai, getarannya bisa membuat stang kemudi menjadi tidak stabil dan membahayakan pengendara. Dan selain tidak nyaman hal ini tentunya sangay membahayakan bagi pengendara.

Simak Juga :   Jadi Ini, Penyebab Motor Matic Bergetar

Jika kalian mengalami masalah tersebut dengan motormu kalian tidak perlu khawatir karena sebenarnya ini ialah masalah yang relatif ringan. Getaran pada motor matic biasanya hanya imbas dari kotoran yang menumpuk di rumah CVT. Seperti diketahui, CVT ialah sistem transmisi yang dipakai di motor matick, pada intinya rumah CVT menghubungkan mesin dengan roda belakang.

Menurut kebanyakan dari pengalaman mekanik, penyebab motor matic bergetar saat digas ialah rumah CVT yang kotor. Yang dalam artian penanganan yang diperlukan hanya pembersihan saja. Dan kalau ingin dibersihkan secara menyeluruh, dalam hal ini CVT skutikmu dibongkar sepenuhnya, untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan.

Setelah dibersihkan getaran di kecepatan rendah akan hilang. Besar kemungkinan kalian tidak akan perlu merogoh kocek untuk biaya penggantian suku cadang karena masalah utamanya memang kotoran yang mengganggu kinerja CVT. Kalian juga perlu tahu bahwa semakin sering motor dipakai, maka semakin besar pula kemungkinan masalah getaran ini akan kembali.

CVT “Continuously Variable Transmission”

Mengingat pentingnya peran CVT bagi motor matic kalian juga perlu tahu tentang komponen-komponen, ada tiga komponen utama yang ada di dalam rumah CVT yaitu:

CVT “Continuously Variable Transmission”

Komponen V-Belt

Seperti namanya ini ialah sabuk yang menghubungkan daya dari mesin dengan roda belakang. Kalau diibaratkan, V-belt ini seperti rantai di motor manual. Seperti halnya rantai, V-belt juga sebaiknya dibersihkan secara berkala.

Selain agar fungsinya selalu optimal, perawatan berkala juga penting untuk mendeteksi resiko kerusakan sabuk itu sendiri. Jika sabuk sampai rusak di jalan ketika motor tengah dikendarai bahayanya sangat besar.

Komponen Roller Weight

Sering juga disebut dengan hanya roller saja. Roller ini berupa roda-roda pemberat, biasanya berwarna hitam yang dimaksukkan kedalam pully primer “mesin”. Roller ini bisa hancur setelah pemakaian atau karena terjadinya mal fungsi.

Simak Juga :   [Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air

Jika roller sudah rusak maka otomatis harus segera diganti. Dalam penggantiannya pun tidak bisa per biji, tapi harus satu set langsung. Dan salah satu indikasi kerusakan roller ialah adanya suara berisik dari dalam CVT.

Komponen Kampas Kopling

Kalian juga wajib memperhatikan ketebalan kampas kopling di rumah CVT. Kalau ketebalannya sudah dibawah batas maka kalian wajib segera menggantinya. Jika terus digunakan akibatnya bisa berhaya dan merusak komponen CVT lainnya. Salah satu komponen yang rawan rusak ialah mengkok kampas “clutch housing”, jika komponen ini rusak motor juga bisa bergetar hebat di putaran rendah.

Jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab motor matic bergetar saat digas di keceparan rendah ada di rumah CVT-nya. Kebanyakan kasus yang terjadi hanya karena masalah sederhana. Kotoran yang mengendap di berbagai bagian CVT disinyalir menjadi penyebab utama bergetarnya matic kalian. Dan untuk solusinya sebenarnya sangat mudah, cukup dengan dibersihkan saja secara menyeluruh.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas Serta Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂