√ Air Radiator Bercampur Oli ?? Serta Masuk Ke Ruang Pembakaran ??? Inilah Penyebab Dan Solusinya

Posted on

Air Radiator Bercampur Oli – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab dan solusi atau bagaimana cara mengatasi air radiator bercampur dengan oli dan masuk ke ruang pembakaran sampai akhirnya merembes ke busi seperti pada motor New Vixion dan motor berpendingin cairan lainnya.

Belakang ini baik itu motor sport dan juga matic yang memiliki 150 cc keatas selalu dibekali dengan pendingin radiator. Fungsi radiator tersebut ialah sebagai pendingin mesin motor agar suhunya tetap stabil saat berkendara.

Air Radiator Bercampur Oli ?? Serta Masuk Ke Ruang Pembakaran ??? Inilah Penyebab Dan Solusinya

Dan satu satu motor dengan pendingin radiator ialah New Vixion yang saya gunakan sebagai tunggangan setiap harinya. Dan setelah menginjak usia ketiga sejak pembeliannya mulai ada masalah pada sistem pendingin yang menggunakan coolant ini pada New Vixion saya.

Dan ketidaknyamanan tersebut ialah merembesnya air radiator ke ruang pembakaran motor yang mengkibatkan motor kurang nyaman atau simpelnya mbrebet yang bila dibiarkan akan

berdampak negative pada mesin motor.

Yang pada awalnya merembesnya air radiator ke ruang pembakaran hanya berdampak mbrebetnya motor, dan lama kelamaan motor tidak bisa hidup karena air radiator yang menggenangi ruang pembakaran semakin banyak.

Penyebab Dan Solusi Air Radiator Bercampur Oli

Nah berikut ini mengenai beberapa penyeban air radiator merebes ke sistem pembakaran dan bercampur dengan oli, simak selengkapnya dibawah ini:

Simak Juga :   Inilah Penyakit Suzuki Satria Fu 150 Yang Perlu Diketahui

Air Radiator Bercampur Oli ?? Serta Masuk Ke Ruang Pembakaran ??? Inilah Penyebab Dan Solusinya

Air Radiator Merembes Ke Sistem Pembakaran

Kasus ini meruapakan masalah yang terjadi pada New Vixion saya yang dimana berdasarkan pengalaman, untuk ciri air radiator merembes ke ruang pembakaran ditandari dengan kurang nyamannya suara mesin yang berkesan mbrebet mirip dengan kasus busi kemasukan air.

Jika sudah parah karena banyaknya air radiator yang memasuki ruang pembakaran air radiator akan merembes ke busi. Karena ruang pembakaran tergenang, mesin tidak akan bisa hidup seperti yang terjadi pada New Vixion.

Lantas Apa Penyebabnya

Penyebab air radiator merembes ke busi atau menggenangi ruang pembakaran ialah gasket atau packing yang sudah bocor. Maka dari itu solusi terbaik untuk mengatasi air radiator merembes ke sistem pembakaran ialah mengganti packing atau gasket yang baru, usahakan yang original karena sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Air Radiator Bercampur Oli

Air radiator bercampur dengan oli ialah salah satu kasus ysng sering terjadi pad New Vixion dan motor dengan pendingin cairan lainnya. Tidak sedikit juga yang pernah mengalami hal demikian.

Kasus ini diakibatkan oleh seal waterpump yang sudah harus diganti, jika seal waterpump bocor maka air radiator akan bercampur dengan oli hingga akhirnya oli berubah seperti bubur sumsum yang jika kondisinya parah.

Jika dibiarkan tentu akan berakibat fatal baretnya blok dan seher karena tidak terlumasi dengan baik karena oli bercampur dengan radiator. Maka dari itu jangan malas untuk memperhatikan kondisi oli, sampai warnany hijau atau putih.

Dalam hal ini seal waterpump harus diganti jika terdengar suara decitan dari bagian pompa radiator. Meskipun tidak ada aturan mengenai usia pakainya disarankan untuk mengganti seal waterpump kisaran 50.000 kilometer sekali.

Simak Juga :   √ Cek 4 Penyebab + Solusi,, Mesin Motor Ngelitik ??

Demikianlah pembahasan mengenai Air Radiator Bercampur Oli ?? Serta Masuk Ke Ruang Pembakaran ??? Inilah Penyebab Dan Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂