√ Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun,, Yuk Simak

Posted on

Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun – Dalam hal ini motor matic bekerja, motor matic komponen yang paling utama ialah CVT atau Continuously Variable Transmission dimana dalam melakukan pengaturan kecepatan yang bekerja V-belt dan variable pulley “pulley yang dapat berubah-ubah”.

Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun,, Yuk Simak

Terdapat sebuah V-belt dan 2 pulley yakni pulley depan dan pulley belakang kedua pulley tersebut mempunyai lebar alur yang dapat berubah ubah sesuai dengan putaran mesin dan kecepatan laju motor.

Posisi Putaran Rendah

Nah pada saat putaran mesin masih rendah, pulley bagian depan memiliki lebar alur yang besar radial V-belt kecil sedangkan pulley bagian belakang memiliki lebar alur yang sempit dengan radial V-belt yang besar.

Dengan demikian terdapat perbandingan rasio antara pullet depan dengan pulley belakang, yang nantinya akan berpengaruh pada kecepatan motor.

Posisi Putaran Tinggi

Pada pulley bagian depan terdapat roller yang memiliki tugas menakan pulley pada saat putaran mesin ditambah. Roller terlempar oleh gaya sentrifugal dari putaran mesin sehingga gaya tersebut menekan pulley yang akhirnya lebar pulley yang tadinya besar menjadi kecil.

V-belt terjepit oleh pulley yang menyempit sehingga bely bergeser ke sisi luar dan berubah radialnya menjadi besar. Sedangkan pulley bagian belakang akan tertarik oleh V-belt yang menyebabkan lebar pulley melebar dan radial V-belt mengecil. Hasilnya rasio perbandingan menjadi terbalik dari putaran mesin rendah.

Pada waktu putaran mesin berubah kembali menjadi rendah gaya sentrifugal roller menurun, sehingga roller kehilangan tenaga untuk menekan pulley depan, sedangkan pada pulley belakang menyempit kembali akibat adanya dorongan pegas yang menekan pulley. Rasio saat ini ialah radial V-belt depan kecil sedangkan radial V-belt belakang besar.

Simak Juga :   √ Inilah Rangkaian Relay Klakson Motor / Mobil,, Untuk Diketahui

Jadi keadaanya ialah:

  • Putaran mesin rendah : radial V-belt depan kecil – V-belt belakang besar.
  • Putaran mesin tinggi : radial V-belt depan besar – V-belt belakang kecil.

Bagi kalian pengendara yang memiliki motor matic pernahkan kalian merasa bahwa top speed atau kecepatan pada motor matic kalian terasa mulai menurun ?? jika kalian telah merasakan permasalahan tersebut, apakah kalian tahu kira-kira apa yang menyebabkan motor matic kalian kehilangan performa terutama dalam hal kecepatan ??

Kaliam pasti bingung karena tiba-tiba tarikan motor kalian tidak seperti saat pertama kalian beli dari dealer. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai penyebab top speed motor matic menurun.

Berbicara tentang motor matic kalian harus tahu bahwa motor jenis ini tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat, hal ini dapat diketahui dari banyaknya motor matic yang dipakai di jalan raya. Dan itu pun didukung dengan besarnya penjualan khususnya di segmen motor matic.

Memang motor matic memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya yakni kemudahan dalam pengoperasiannya yakni bikers tidak perlu repot-repot melakukan pergantian gigi. Tinggal gas, maka motor dapat langsung melesat sesuai putaran gas.

Namun apabila kalian merasa bahwa kecepatan motor matic kalian berkurang padahal kalian telah memutar gas, maka kalian harus mencari tahu penyebabnya agar performa motor kalian kembali seperti baru lagi. Baiklah langsung saja berikut ialah ulasan mengenai penyebab top speed motor matic menurun.

Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun

Penyebab top speed motor matic menurut yakni bahwa top speed motor matic bisa ngedrop jika rumah roller sudah aus. Kalian harus tahu bahwa setiap komponen pada motor pasti memiliki masa pakai, begitu pula rumah roller. Penting untuk kalian ketahui bahwa posisi rumah roller itu adanya di pulley primer yang ada di area depan CVT motor matic.

Simak Juga :   Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless

Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun,, Yuk Simak

Nah untuk mendeteksi keausan pulley primer tidak hanya pada permukaan tempat belt dijepit. Namun keausan pulley primer juga bisa terjadi pada landasan roller yang mengalami pendalaman akibat terlalu kena terus roller.

Dan dari hasil pengujian pada Honda scoopy F1 dan Suzuki Skywave, pandalaman yang terjadi pada landasan roller akan membuat bukaan roller tidak maksimal, sehingga dapat menurunkan top speed motor sekitar 5 km/jam dari kondisi pulley normal.

Untuk mendeteksi pendalaman yang terjadi pada landasan roller kalian bisa menggunakan obeng minus atau ujung, nah agar motor matic kalian kembali memiliki kecepatan seperti saat pertama kali kalian pakai maka kalian harus mengganti pulley primer yang aus dengan pulley primer yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Top Speed Motor Matic Menurun,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂