Rangkaian Relay Klakson Motor

Posted on

Rangkaian Relay Klakson Motor – Nah berikut ini merupakan chart skema atau rangkaian relay klakson pada mobil atau sepeda motor. Dalam cara pemasangan sangat simpel yakni dengan menggunakan 1 hand-off bisa menggunakan merk hella atau bosch dengan kuat arus relay 30 Amper.

Merangkai hand-off klakson dan memasangnya di mobil atau motor. Dalam segi pemasangan pada relay klakson, yakni dengan menyambungkan untuk kaki hand-off sudah dijelaskan jalur pemasangan.

Rangkaian Relay Klakson

Untuk kaki 85 dan 86 kalian dapat menyambungkan dengan kabel klakson bawaan pada engine, dalam pemasangan ke kaki 85 dan 86 bisa kalian bolak balik. Atau jika kalian tidak menemukan kabel bawaan klakson, sambungkan dengan keluaran saklar klakson atau pada tombol klakson di holder.

Jika keluaran tegangan saklar klakson (+) maka hubungkan pada kaki 85 dan untuk kaki 86 langsung ke masa atau bodi. Namun jika keluaran tegangan saklar klakson (-) hubungkan pada kaki 85 dan kaki 86 hubungkan dengan tegangan kontak (+), tegangan yang masuk ke kaki 85 dan 86 ini akan berfungsi mengaktifkan hand-off.

Untuk kaki hand-off 30 sambungkan langsung ke tegangan (+) aki dan beri sekering sebelumnya, untuk pengaman ketika terjadi konsleting. Pada kaki transfer 87 hubungkan dengan terminal (+) klakson kemudian paralel dengan klakson lainnya.

Untuk rekomendasi 1 buah hand-off bisa dipasang untuk 2 buah klakson. Klakson pada gambar diatas ialah klakson keong merk hella twin tone, kemudian hubungkan terminal (-) klakson dengan masa bodi/tegangan (-) aki.

Baca Juga :  Cara Memasang Klakson Keong

Cara Kerja Transfer

Transfer berfungsi sebagai penghubung antara input klakson (+) dengan tegangan aki (+) melalui sekering pengaman. Sehingga klakson akan mengeluarkan suara yang lebih keras, tanpa melalui saklar klakson. Rangkaian hand-off diatas bekerja dengan tegangan satu daya 12 VDC atau tegangan aki 12 Volt.

Permasalahan Rangkaian Transfer

Setelah dirangkai seperti gambar skema graph diatas, apabila klakson tidak berbunyi. Maka yang pertama kali kalian cek ialah hand-off. Apakah transfer masih typical atau tidak, kalian bisa mengetahuinya apabila saklar klakson ditekan, akan berbunyi cetik,,, cetik.

Jika tidak berbunyi maka kemungkinan hand-off rusak atau tegangan yang masuk pada kaki 85 dan 86 tidak ada, cek jalur yang masuk ke transfer. Apabila berbunyi namun keluaran tegangan pada kaki 87 tidak ada, kalian bisa mereparasi hand-off. sebelumnya cek juga tegangan masuk pada kaki 30, apakah ada tegangan (+) atau tidak. Jika tidak ada pada jalur input cek sekering 10 A masih ordinary atau rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Rangkaian Relay Klakson Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂