√ Rem Cakram Motor Kurang Menggigit !! Ini Solusinya,, Yuk Simak

Posted on

Rem Cakram Motor  – Dalam hal ini motor-motor keluaran baru hampir seluruhnya memakai rem cakram untuk dapat mengurangi laju atau kecepatan. Ada yang cuma di roda depan atau bahkan mengaplikasikan double disc brake atau rem cakram di kedua roda. Rem cakram motor terkenal dengan kepakemannya dan minim perawatan, tapi bagaimana jika tiba-tiba rem tersebut terasa kurang pakem ??

Dan penyebab rem cakram motor dapat kurang menggigit sebenarnya tidak banyak. Bisa dari kualitas kampas yang menurun atau habis dan bisa juga dari sistem hidrolik yang bermasalah.

Rem Cakram Motor Kurang Menggigit !! Ini Solusinya,, Yuk Simak

Untuk pemeriksaan awal rem cakram dapat dengan visual atau melihat kondisi kampas rem. Dan apabila celah-celah di kampas rem sudah tidak terlihat di salah satu sisinya menandakan kampas sudah habis. Tapi bila masih tebal, penyebabnya bisa karena “masuk angin” atau usia kampas sudah “kadaluarsa”.

Rem cakram itu pengecekannya bisa diintip atau dicongkel, sedikit untuk lihat gotnya. Kadang ada kasus kampas rem masih tebal tapi sudah tidak menggigit kalau dipakai jalan jauh. Itu penyebabnya dari kampas yang sudah kelamaan di pakai tapi tidak banyak terkikis jadinya kampas kaku karena tidak ada pori-pori akibat terkena panas terus menerus.

Nah bila kampas kadarluarsa ini bila saat sudah panas maka tidak mampu menggigit piringan cakram dengan optimal. Dan biasanya kondisi ini terjadi bila usia kampas rem lebih dari setahun pemakaian atau menempuh jarak di atas 12 ribu kilometer.

Simak Juga :   √ "Untuk Diketahui" Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ??

Kegunaan Kampas Rem Cakram Motor

Untuk hal ini kalian sebaiknya mengganti kampas rem bila mengalami gejala ini setelah setahun penggantian. Kampas original malah bisa kejadian seperti ini biasanya kampas belakang motor bebek Honda yang versi cakram seperti Supra X 125.

Bahannya yang kurang empuk malah bisa bikin piringan cakram terkikis kalau dibiarkan. Kalau untuk harian sebaiknya menggunakan OEM atau KW1 sekalian karena memang pakem sekalipun kampasnya lebih cepat habis.

Dan untuk pengendara yang doyan ngebut atau jalan jarak disarankan ganti pakai SUZUKI Satria F karbu yang bentuknya sama persis, lebih awet dan pakem.

Untuk hal ini sudah dibuktikan bila kampas dari motor bebek ayam jago ini tetap menggigit piringan secara optimal sekalipun sudah dipakai selama setahun di motor bebek Honda. Tapi penggunaan pengereman tidak melulu jadi jalan terakhir mengatasi rem yang kurang menggigit. Penyakit rem yang memble bisa juga berasal dari sistem hidrolik saluran minyak rem.

Cara Membuat Rem Cakram Motor Kembali Pakem

Dan apabila kampas rem belum habis dan belum mencapai setahun pemakaian, penyebab lainnya berasal dari sistem hidrolik. Bisa karena minyak rem yang berkurang atau saluran yang masuk angin. Masuk angin disini artinya di dalam saluran minyak rem tersusupi udara.

Rem kalau digunakan sampai terlalu panas maka bikin minyak rem mendidih. Hal ini jadi penyebab ada udara yang berasal dari gelembung minyak rem yang mendidih tadi yang menahan dorongan minyak rem ke kaliper di selang. Bila masih belum parah bisa dibuang dengan cara bleeding lewat kaliper.

Bleeding ini cukup mudah tapi harus hati-hati agar tidak kemasukan udara lebih banyak karena caranya salah. Untuk ini kalian cukup siapkan kunci ring 8 untuk mengendurkan nipple di caliper depan atau belakang. Putar berlawanan arah jarum jam sampai terlihat cairan minyak rem dari dalam akan keluar.

Simak Juga :   Cara Termudah Mengganti Jarum Pelampung Pada Karbu Motor

Untuk rem depan tekan tuas rem sampai habis dan minyak rem meleleh keluar dari dalam nipple. Setelah itu tahan tuas rem dan segera kencangkan mur pengunci nipple sampai rapat. Kocok tuas rem depan sampai terasa agak keras yang menandakan saluran rem sampai kaliper terisi penuh oleh minyak rem.

Cara untuk rem belakang tidak jauh beda, kedurkan terlebih dahulu baut nipple sekitar ½ putaran supaya minyak rem bisa keluar. Dan selanjutnya injak pedal rem sampai habis dan minyak rem keluar dari nipple. Sembari menahan pedal rem, kencangkan kembali baut nipple di kaliper belakang lalu kocok pedal rem sampai terasa tertahan dan membal. Dan jangan lupa lap atau bersihkan sisa minyak rem setelah bleeding karena bila dibiarkan bakal merusak cat kaliper dan lengan ayun.

Demikianlah pembahasan mengenai Rem Cakram Motor Kurang Menggigit !! Ini Solusinya,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂