√ Rumah Roller Matic Rusak,,!!! Ciri, Penyebab Dan Akibatnya

Posted on
√ Rumah Roller Matic Rusak,,!!! Ciri, Penyebab Dan Akibatnya
5 (100%) 1 vote

Rumah Roller Matic Rusak,,!!! Ciri, Penyebab Dan Akibatnya

Rumah Roller Matic Rusak – Ternyata rumah roller di motor matic yang mulai haus bisa bikip top speed motor tersebut menjadi turun. Untuk rumah roller sendiri berada di pulley primer yang berada di bagian depan CVT motor jenis matic.

Seiring pemakaian pastinya komponen di dalam CVT akan mengalami keausan tidak terkecuali rumah roller di pulley primer. Deteksi keausan pully primer bukan cuma pada permukaan pully tempat di mana belt dijepit. Tapi, keausan pulley primer bisa pula terjadi pada landasan roller yang mengalami pendalaman akibat tergerus roller.

Fungsi Pulley Pada Motor Matic

Adapun fungsi dari pulley depan pada motor matic tersebut diantaranya yaitu:

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyalurkan putaran dari mesin ke bagian V-belt.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur berat kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur akselerasi pada sepeda motor kalian.

Komponen pulley belakang pada motor matic ini merupakan sistem yang memiliki peranan penting dalam menjaga performa kendaraan kalian agar tetap bisa terjaga. Nah berikut ini ialah beberapa fungsi dari pulley belakang pada motor tersebut:

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menggerakkan roda belakang kendaraan kalian.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menjaga akselerasi atau putaran mesin kendaraan kalian.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menjaga kestabilan berkendara kalian terutama pada roda bagian belakang.
Simak Juga :   "Wajib Baca" Awas,,!! Jangan Mengganti Oli Motor Sembarangan, Bisa Bahaya!!!

Ciri-Ciri Rumah Roller Rusak

Sebenarnya untuk mengetahui apakah roller rusak/aus cukup gampang yakni dengan membongkar pulley depan sepeda motor matic, tapi bagi kalian yang tidak memiliki alat untuk membongkarnya, hal ini kita dapat mengandalkan indra ke 6 alias tebak-tebak berhadiah hehehe.. oke langsung saja berikut ini.

Tenaga Motor Berkurang

Saat sepeda motor matic dibawa jalan akan terasa ndut-ndut atau tersendar sehingga tenaga akan berkurang apalagi jika menerjang tanjakan yang dibutuhkan tenaga lebih untuk melibasnya. Untuk kondisi roller yang paling ringan biasanya hanya peang sedikit, tapi kalau sudah berubah bentuk tidak bulat lagi berarti rusak parah.

Adanya Suara Di Bagian Depan CVT

Suara ini biasanya ditimbulkan jika kondisi roller sudah rusak sangat parah, sehingga bagian depan CVT akan berbunyi krek-krek saat posisi sepeda motor jalan.

Penyebab Rumah Roller Rusak

Adapun penyebab rumah roller rusak yang diantaranya yaitu:

Rumah Roller Matic Rusak,,!!! Ciri, Penyebab Dan Akibatnya

Usia Pakai

Umur komponen tersebut alias usia pakai menjadi penyebab utamanya, pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian roller pada km 20.000 – 24.000 atau 2 tahun dibarengi dengan V-belt dan komponen lainnya yang ada di dalam CVT. Tapi biasanya roller mulai penyang saat motor menginjak km 12.000 atau 1 tahun sehingga akan mulai mempengaruhi performa motor tersebut.

Rumah Roller Dan Bosh Roller

Kedua komponen ini biasanya sering kali diabaikan seperti halnya Pice Slide dan Greas, padahal kalau rumah roller dan bosh roller rusak dijamin umur roller tidak akan lama. Walaupun baru melakukan penggantian roller paling lama 30 hari roller akan kembali rusak jika kedua komponen tersebut rusak dan tidak diganti.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumah Roller Matic Rusak,,!!! Ciri, Penyebab Dan Akibatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂