√ Jangan Senang Dulu ?? Habis Ganti Seal Water Pump,, Kalau Belum Lakukan Hal Ini

Posted on
√ Jangan Senang Dulu ?? Habis Ganti Seal Water Pump,, Kalau Belum Lakukan Hal Ini
5 (100%) 1 vote

Seal Water Pump – Hampir sebagian motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sitem pendingin cairan atau radiator. Pada sistem pendingin radiator membutuhkan water pump “pompa air” dalam kinerjanya. Lantas seperti apa fungsi dan sistem kerja water pump ??

Fungsi water pum sendiri untuk memompa cairan pendingin supaya dapat bersirkulasi ke bagian-bagian mesin. Dan untuk cara kerjanya, water pump atau pompa air berputar sesuai putaran mesin.

Jangan Senang Dulu ?? Habis Ganti Seal Water Pump,, Kalau Belum Lakukan Hal Ini

Singkatnya water pump akan menghisap cairan pendingin ke dalam mesin lalu mengeluarkan kembali ke radiator. Di saat cairan pendingin di dalam mesin sudah mulai naik panasnya, maka otomatis water pump tersebut mengalirkan menuju ke kisi radiator.

Dan sedangkan cairan yang sudah dingin didalam radiator akan dihisap dan dimasukkan ke dalam ruang mesin untuk proses pendinginan kembali. Makanya dalam sistem pendingin cairan terdapat selang untuk mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke water pump.

Penggantian Seal Water Pump

Dalam hal ini penggantian seal water pump yang jebol, biasanya dilakukan saat air radiator masuk ke dalam oli. Nah meskipun sudah dilakukan pergantian seal water pump dan menguras oli yang tercampur air, biasanya belum cukup. Ada satu hal lagi yang perlu perhantian setelah penggantian seal water pump.

Kalau air radiator yang tercampur ke mesin tidak dibersihkan malah membuat lumpur “sludge” di mesin. Setelah seal water pumpnya jebol banyak ditemukan lumpur di crank case. Jadi kaya ada agar-agar “semacam gumpalan” berwarna seperti kopi susu “Coklat”.

Simak Juga :   √ Ternyata Jauh Lebih Murah ?? Ganti Seal Water Pump Vixion,, Cek Sebelum Jebol

Dan untuk hal ini biasanya menemukan gumpalan itu ketika ganti oli setelah masalah seal water pump diatasi. Dan saat melihat oli bekasnya, lantas menemukan gumpalan berwarna coklat. Dan untuk hal demikian ternyata gumpalan itu campuran dari air radiator dengan oli.

Jangan Senang Dulu ?? Habis Ganti Seal Water Pump,, Kalau Belum Lakukan Hal ini

Soalnya sebelumnya seal water pump sempat mengalami jebol. Dan karena takut kotoran itu menyumbat saluran oli, hal ini memutuskan untuk menguras mesin. Setelah dikuras dengan solar warnanya berubah jadi coklat kehitaman.

Dan pada saat ganti oli berikutnya sudah tidak ditemukan lagi sludge atau lumpur. Dan mesin pun jadi lebih halus dan udah tidak ditemukan lagi gumpalan atau lumpur warna coklat lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai Jangan Senang Dulu ?? Habis Ganti Seal Water Pump,, Kalau Belum Lakukan Hal Ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂