√ Yuk Simak,,, Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti (Untuk Diketahui)

Posted on

Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti  – Ring piston merupakan salah satu komponen yang dipasangkan dalam alur ring “ring grove” pada piston atau torak. Diameter luar ring torak sedikit lebih besar dibanding dengan piston itu sendiri.

Yuk Simak,,, Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti (Untuk Diketahui)

Ketika ring piston terpasang pada piston, karena ring piston itu sifatnya elastic maka menyebabkan mengembang, dan sehingga menutup dengan rapat pada dinding silinder.

Ring piston terbuat dari bahan yang bisa bertahan lama, dan umumnya dibuat dari baja tuang spesial yang tidak akan merusak dinding silinder. Jumlah pegas torak bermacam-macam tergantung jenis mesin yang digunakan tetapi umumnya 3 sampai 4 ring piston untuk tiap pistonnya.

Fungsi Ring Piston

Adapun fungsi ring piston ada 3 diantaranya yaitu:

  • Mencegah kebocoran campuran udara dan bahan bakar serta gas pembakaran melalui celah antara piston dengan dinding silinder kedalam bak engkol selama langkah kompresi dan langkah pembuangan.
  • Mencegah oli yang melumasi piston dan silinder masuk ke ruang bakar.
  • Memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk mendinginkan piston.

Dan apabila ring piston sudah aus maka akan terdapat gejala kurang tenaga, kondisi mesin ngebul, dan pemakaian oli pun boros serta tekanan kompresi rendah.

Persyaratan Ring Piston

Adapun persyaratan ring piston diantaranya yaitu:

  • Tahan aus dan sifat luncur baik.
  • Memiliki kualitas pegas/defleksi yang baik.
  • Defleksi pegas tidak berubah akibat temperature yang tinggi.

Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti

Dalam hal ini asap ngebul dari knalpot plus tenaga mesin berkurang, kemungkinan itu tanda ring piston motor tersebut bermasalah. Mesin mesti segera dicek karena jika dibiarkan kerusakannya pun bakal merembet jadi lebih parah.

Simak Juga :   Tips Mudah Membersihkan Busi Motor, Wajib Untuk Di Baca

Yuk Simak,,, Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti (Untuk Diketahui)

Ring piston motor bertugas membatasi ruang bakar dengan pelumas pada mesin 4-tak supaya kedua unsur tersebut tidak bercampur. Selain itu ring piston juga berperan menjaga kompresi mesin agar tidak bocor keluar silinder selama proses kompresi berlangsung.

Dan ketika ring piston tersebut longgar ada ruang terbuka yang dalam hal ini membuat oli menjadi rembes ke ruang bakar, dan itilah penyebab timbul asap putih dari knalpot. Dan setelah oli ikut terbakar, karena pembakaran bensin dan udara tidak maksimal tenaga yang dihasilkan mesin pun berkurang.

Dan kerusakan itu akan semakin parah jika dibiarkan bisa mengakibatkan dinding silinder tergores sampai piston macet, untuk biaya perbaikan pun akan mahal bila dinding silinder dan piston harus pension dini.

Jika kerusakan baru sebatas ring piston longgar, mengatasinya cukup dengan mengganti komponen tersebut. Biayanya pun relative murah meskipun tetap harus turun mesin. Beda cerita kalau kerusakan sudah menjalar ke piston atau dinding silinder baret, kalian mesti ganti blok silinder plus perangkat piston.

Untuk hal ini kerusakan ring piston itu tidak hanya disebabkan usia pakai motor. Tapi ada pila faktor kebiasan berkendara yang tidak benar, seperti membawa beban terlalu berat atau sering geber-geber gas berlebihan.

Dan jika terlambat ganti oli juga bisa jadi biang kerok kerusakan ring piston, dan akibat pelumasan gak optimal, ring piston jadi bergesekan sama silinder mesin sampai terjadi kerusakan di dua komponen mesin tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,,, Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti (Untuk Diketahui) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂