Cara Bikin Yamaha Byson Makin Kencang Hingga 192 cc

Posted on

Cara Bikin Yamaha Byson Makin Kencang Hingga 192 cc – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara bikin Yamaha Byson makin kencang hingga 192 cc, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.

Dalam hal ini seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Yamaha Byson memang merupakan salah satu produk sepeda motor Yamaha yang terbilang sangat cukup diminati oleh para konsumen terutama untuk kalian yang sangat menyukai motor sport dengan memiliki tampilan yang gagah.

Bila membahas mengenai penampilan pada Yamaha Byson memang sudah tidak diragukan lagi, hal ini karena motor yang memiliki desain gagah dan tangguh dimana sangat cocok sekali dipakai dan dikendarai oleh para pria tangguh, dan cocok sekali untuk segala medan dan rintangan.

Namun meskipun demikian bila membahas mengenai performa mesin, tidak sedikit bagi pengguna yang mengeluhkan tenaga motor Yamaha Byson kesayangannya yang dirasa sangat kurang alias loyoh. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk berbagai informasi kepada kalian semua bagi pemilik Yamaha Byson mengenai bagaimana trik dan cara upgrade performa “Bore Up” bikin Yanaha Byson makin kencang sampai 192 cc, nah berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Bikin Yamaha Byson Makin Kencang Hingga 192 cc

Yamaha Byson dirasa speednya terlalu smooth dan kurang bertenaga, nah agar kelemahan Byson bisa sedikit ditutupi, banyak hal yang bisa ditempuh. Kalau kata pepatah, banyak jalan menuju ke Roma. Untuk upgrade Byson ada hanya menggunakan produk plug ride. Ada juga yang upgrade komponen mesin. Biar ada bayangan, dikupas cara oke bikin Byson lari kencang nyok simak ulasannya.

Baca Juga :  Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat”

Sebelum upgrade, biar perbandingan performanya dapat Byson yang masih perjaka ting-ting alias standar ini dirunning di atas Dynotest 250i. Untuk keadaan standar Yamaha Byson standar, power maksimal yang didapat sebesar 11,07 hp (horse power), sedangkan torsi 8,73 ft.lbs. Setelah angka acuan didapat giliran Byson yang sudah upgrade dirunning. Eits…. sabar dulu, mending kita bahas dahulu apa saja yang diupgrade di Yamaha Byson ini.

Oprek Pada Kompresi

Piston Byson standar yang punya diamater 58 mm ditanggalkan, sebagai gantinya, penggebuk kompresi kepunyaan Honda Tiger oversize 150 dipasang. Berarti diameter seher yang diaplikasi 65 mm. Agar kuat, boring standar musti ganti dengan kepunyaan mobil diesel.

Dengan langkah standar Byson 57,9 mm. Kalau dihitung dengan rumus volume silinder, maka kapasitas naik menjadi 192 cc. Karena perutnya sudah buncit aksi porting polish harus dilakukan. Lubang diameter dalam Ex dibikin menjadi 25 mm dan In menjadi 27,5 mm.

Pemasokan Bahan Bakar

Adapun agar pemasokan bahan bakar bisa lebih lancar, butuh pengabut bahan bakar besar. Doi mempercayakan karburator Keihin PE28 yang sudah dijejali main-jet 115 dan pilot-jet 45. Klep isap dan buang tetap standar. Dipadukan dengan rasio kompresi 14:1 walau, tinggi sekali. Macam motor balap, tapi tetap nekat pakai pertamax saja.

Oprek Kruk As

Kemudian biar enteng dan balance, kruk as dilubangi sebesar mata bor 6 mm, hal ini untuk dapat mengimbangi kompresi yang sudah gede. Posisi lubangnya yang ngatur tukang bubut. Daleman mesin sudah oke punya.

Sistem Pengapian

Kini giliran kelistrikan yang diinstal, agar timing pembakaran lebih maju atau advace, doi aplikasi CDI BRT Dual Band Power Max yang bisa digunakan untuk standar dan tune up. Diharapkan agar waktu percikan api sesuai dengan kompresi, koil racing kitaco juga ikut diaplikasi.

Baca Juga :  Cara Modifikasi Motor Vespa Agar Berlari Lebih Kencang

Dikombo dengan menggunakan cop atau kepala busi kepunyaan Yamaha Scorpio. Saluran gas buang juga pastinya sudah ikut dibenahi. Apalagi banyak yang nuding bahwa knalpot standar Byson penyebab dropnya Power motor, urusan gas buang doi pakai Doctor Muffler.

Kesimpulan:

Nah sekarang sudah jelas kan speknya, kalau sudah jelas, tinggal naikin deh motornya di atas dinotest. Dengan beberapa kali runnning, wow,,, mulai gasingan bawah sekitar 4.500 rpm. Sudah ninggalin jauh grafik standar yang warna biru, alhasil power dikatrol naik sebesar 4,88 hp dan torsi 2,37 ft.lbs.

Sekarang power maksimal motor menjadi 15,95 hp, serta torsi 11,10 ft.lbs. Power ini didapat di gasingan 7.600 rpm, selisihnya bisa dihitung, jika power standar maksimal hanya 11,07 hp, kini jadi 15,95 hp, kenaikannya 4,88 hp, kenaikannya 44%.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Bikin Yamaha Byson Makin Kencang Hingga 192 cc semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂