√ [Wajib Diketahui] Tutup Radiator Vario Mulai Rusak,, Ini Indikasinya

Posted on

Tutup Radiator Vario – Dalam hal ini tidak cuma mobil saja yang menggunakan radiator, motor masa kini juga telah dilengkapi dengan komponen tersebut. Fungsi radiator pada sepeda motor ialah sebagai komponen pendingin supaya performa kuda besi tetap sekaligus efisien.

Secara garis besar, fungsi radiator pada sepeda motor memang sebagai pendingin mesin. Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder.

[Wajib Diketahui] Tutup Radiator Vario Mulai Rusak,, Ini Indikasinya

Lalu, cairan panas ini akan didorong “disedot” menuju radiator. Di komponen yang terbuat dari banyak pipa kecil ini, cairan akan tersebar. Karena banyak sirip yang dilalui angin maka suhu otomatis turun. Kemudian cairan yang sudah didinginkan akan berputar kembali ke dalam mesin.

Indikasi Tutup Radiator Mulai Rusak

Untuk hal ini komponen tutup radiator memang berfungsi penting untuk mengendalikan air radiator. Tutup radiator ini juga harus kuat menahan tekanan air radiator saat temperatur sudah meninggi. Tutup radiator yang mulai rusak pastinya harus dilakukan penggantian.

Tapi bagaimana si indikasi tutup radiator yang sudah minta diganti ?? Dirinya menyebutkan bahwa tutup radiator yang sudah mulai rusak bisa dilihat dari beberapa tanda. “Cara paling mudah yakni temperatur suhu air radiator diatas normal. Apalagi mudah overheat saat kendaraan terjebak macet”.

Suhu air yang meninggi akan dapat menimbulkan tekanan yang berlebih. Tutup radiator sudah tidak mampu lagi menahan tekanan air. “Air akan menguap keluar ke reservoir dan air di sistem radiator akan jauh berkurang. Isi tabung reservoir pun akan meluap”.

Simak Juga :   [Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Selain dari indikator suhu mesin, tutup radiator yang rusak juga bisa dilihat secara langsung. Buka tutup radiator dan lihat bagian karet penutupnya. Karet yang sudah getas dan pecah-pecah menjadi tanda bahwa tutup radiator sudah wajib ganti.

[Wajib Diketahui] Tutup Radiator Vario Mulai Rusak,, Ini Indikasinya

“Per tekanan tutup radiator yang mulai melemah juga indikasi tutup radiator rusak dan tidak boleh ada karat”. Oh iya, penggantian tutup radiator juga tidak boleh sembarangan. Walau terlihat secara bentuk di setiap kendaraan sama persis, namun di tutup radiator terdapat ukuran tekanan.

Dan biasanya ditandai dari ukuran 108 kPa, 0,9 Bar, 1,1 Bar dan sebagainya. Di setiap spesifikasi kendaraan pasti berbeda-beda tergantung tekanan yang sistem radiatornya. Usahakan mengganti tutup radiator dengan spesifikasi yang sama.

Demikianlah pembahasan mengenai [Wajib Diketahui] Tutup Radiator Vario Mulai Rusak,, Ini Indikasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂