√ Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!!

Posted on

Setelah Korter Masih Ngebul – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai mesin sepeda motor 4 langkah yang ngebul putih. Dan kebanyakan setelah penggantian seher atau piston dan mengkorter boring, tetapi motor masih ngebul entah dalam kondisi mesih masih dingin atau mesin masih panas.

Nah sebagian para pengguna motor pastinya pernah mengalami hal ini setelah menggantian piston atau seher dan mengkorter boring cylinder. Akan tetapi motor ternyata masih saja ngebul.

Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!!

Inilah Penyebab Motor Kembali Ngebul Setelah Dikorter

Dan ada banyak hal yang membuat motor baru ganti piston dan boring kembali ngebul putih, untuk lebih jelasnya simak artikel ini dibawah ini.

Oli Mesin Sisa Di Dalam Knalpot

Dengan sering kali knalpot diabaikan jika melakukan servis besar atau bongkar mesin atas dan bongkar mesin total. Oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar akan menempel di sekiter knalpot.

Yang akibatnya knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih. Tapi jangan khawatir, asap putih dari knalpot lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Dalam waktu kurang lebih dari 2 sampai 14 hari, tapi jika sudah 1 bulan motor masih ngebul asap putih dan dipakai setiap hari maka ini harus dicurigai.

Korteran Yang Tidak Bersih

Dalam hal ini maksud dari korteran tidak bersih ialah masih adanya bekas lecet atau luka pada dinding cylinder comp bagian dalam dan memakai ukuran piston yang kurang besar. Kebanyakan para pengguna motor saat menaikan diameter piston hanya mementingkan ketersediaan komponen atau part.

Simak Juga :   √ Cara Setting Motor Injeksi ?? Inilah Cara Penyetelan CO Motor Injeksi

Tanpa memperhatikan apakah diameter piston naik satu step sudah menyelesaikan solusinya. Tapi kenyataannya terkadang butuh naik 2 step untuk mengatasi cylinder comp yang tergerus terlalu dalam. Misalnya jika diamater Honda Sonic/CSI 125 memiliki diameter 58 mm maka saat oversize memakai piston sonic dengan OS 50 bukan OS 25.

Kondisi Posisi Piston Yang Terbalik

Yang secara sepintas piston berbentuk bulat sehingga untuk pemasangannya bisa bolak-balik akan tetapi nyatanya tidak semudah itu, kebanyakan pada mesin sepeda motor menggunakan offset engine.

Offset ini membuat gerak lurus poros engkol mendekati titik Exhaust “pembuangan” bukan pada titik Intake. Yang salah pemasangan tersebut akan membuat umur piston menjadi pendek atau bahasa gampangnya yakni piston menjadi cepat ngebul.

Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!!

Celah Ring Piston Yang Satu Arah

Yang seharusnya untuk bagian yang celah ring piston memiliki sudut 120 derajat, ring kompresi 1 dan ring kompresi dua memiliki jarak celah sekitar 120 derajat. Selain itu ring oli yang terdiri dari 2 ring siderail dan 1 ring expander juga harus memiliki jarak celah sekitar 120 derajat. Dalam pemasangan yang posisi celahnya sama akan menimbulkan lost kompresi dan oli mesin akan naik ke ruang bakar melalui ring piston.

Pada Batang Payung Klep Yang Lecet Dan Sil Klep Yang Rusak

Pada saat pembongkaran mesin skir klep harus dilakukan, gunanya untuk merepatkan kompresi di ruang bakar karena banyaknya timbunan karbon yang menumpuk disekiter payung klep. Skir klep juga harus dibarengi dengan penggantian sil klep supaya tidak ada oli mesin yang ikut rembes atau masuk ke ruang bakar.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Yuk Simak,, Udah Ganti Seher Motor Masih Ngebul Pada Saat Digeber,,, !!!
5 (100%) 1 vote