√ Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU,, Yuk Simak

Posted on

Ukuran Sim Klep Satria FU – Suzuki Satria F150 ialah salah satu sepeda motor tercepat di kategori underbone 4-tak. Motor ini diproduksi oleh Suzuki Motor Corporation menggantikan model Suzuki FXR150. Mengusung mesin berteknologi tinggi dengan volume silinder bersih 147,3 cc, 4 klep digerakkkan oleh Camshaft ganda.

Konfigurasi mesin seperti ini juga disebut DOHC yang biasa ditemui pada mesin mobil. Ditunjang dengan transmisi 6 percepatan, gigi rasio pendek dan konstruksi sasis ringan menjadikan motor ini mampu melesat paling cepat di kelas Underbone.

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU,, Yuk Simak

Suzuki Satria FU standar ting-ting dipatok celah klep masuknya 0,10-0,20 mm dan buang 0,26-0,30 mm. Ukuran keranggangan ini akan berubah sesuai umur motor. Kecuali motornya habis dibeli nggak pernah dipakai. Celah klep saja diwajibkan diperkasa ulang setiap 5.000 km.

Cerita FU setelan klepnya bukan baut dan mur, tapi lempangan pengganjal atau Shim. Karena mekanisme-nya tersebut menentukan celah klep, lewat tebal-tipisnya shim. Ini pun sudah dituntun tabel penggunaan shim.

Tabel Ukuran Shim Satria FU

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU,, Yuk Simak

Nih cara menggunakan tabelnya, Fu asli bawaan pabrik, celah klepnya In 0,15 mm, maka shim yang dipakai berukuran 1,70 mm untuk In dan Out. Ketika diukur celah klep telah merenggang dan tidak mungkin jari rapat, ya pasti shim sudah kemakan atau aus oleh mesin hidup dan panas.

Cara Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU

Dalam hal ini menentukan ukuran shim yang dipakai selanjutnya dilihat dari tabel. Pada tabel ini interval shim ialah 0,5 mm. Itu sama dengan dibengkel resmi Suzuki. patokannya dengan diukur filler gauge dan shim lama terpasang pada tempatnya dan belum diutak-atik.

Simak Juga :   Inilah Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi Di Motor

Dan misalnya celah berubah jadi 0,30 mm dan shim yang terpasang saat ini nomor 170. Maka berdasarkan tabel, harus memilih ukuran 1,85 mm atau nomor 185 untuk klep in-nya. Sedang ex misalnya menjadi 0,40 mm, shim yang harus digunakan ialah 2.00 bila saat diukur menggunakan 175 yang terpasang, begitu seterusnya menurut tabel.

Itu menurut tabel yang berdasarkan keausan semua onderdil berkaitan dengan shim. Tapi tabel tinggal tabel, untuk menyakinkan silahkan diukur ulang. Seharusnya celah klep kembali standar seperti celah masuk 0,10-0,20 mm dan buang 0,26-0,30 mm.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU,, Yuk Simak
5 (100%) 1 vote