√ Wajib Untuk Diperhatikan,, Umur V-Belt Motor Matic,, Yuk Simak Ulasannya

Posted on

V-Belt Motor – Nah bagi pengguna motor matic ?? pada penggunaan sepeda motor matic, V-Belt ialah salah satu komponen yang wajib diperhatikan. Fungsi V-belt sendiri untuk meneruskan putaran pulley bagian depan “engine” menuju pulley bagian belakang “roda”.

Dalam segi penggunaan V-belt tentu lebih mudah perawatannya dibandingkan secara manual menggunakan rantai. Namun bagaimana dengan kondisi V-belt motor yang tertutup oleh cover ?? tentu hal ini pengendara harus jeli merasakannya.

Wajib Untuk Diperhatikan,, Umur V-Belt Motor Matic,, Yuk Simak Ulasannya

V-belt memiliki jarak tempuh 20.000 km, jika sudah mendekati 20.000 km disarankan melakukan pergantian V-belt ini dilakukan agar kecepatan tarikan gas tidak turun performa sesuai keinginan pengendara, untuk pergantian V-belt sendiri harus menggunakan special tools matic.

Memperhatikan Umur V-belt Motor Matic

V-belt atau yang lebih dikenal sebagai van belt punya fungsi yang tidak beda jauh dengan rantai di motor bebek atau sport. Bentuknya seperti sabuk yang berbahan karet. Fungsinya mengantarkan daya dari mesin dalam hal ini meneruskan putaran primary pulley “puli depan” ke secondary pulley “puli belakang”.

Lanta apa kalian tahu, kalau v-belt memiliki usia pakai ?? untuk hal demikian umum v-belt ternyata tidak sampai 30 ribu kilometer. Dan rata-rata berkisar di 24.000 hingga 25.000 kilometer. Dan jika lebih dari 25.000 kilometer berisiko putus.

Dalam hal ini v-belt dengan umur diatas 25.000 ribu kilometer sudah banyak retak dan itu berisiko untuk putus di jalan. Nah untuk hal ini kalau sudah mencapai 25 ribu kilometer ada baiknya lakukan penggantian v-belt ya.

Simak Juga :   Jadi Ini, Penyebab Busi Cepat Mati Terus Walaupun Baru Diganti

Wajib Untuk Diperhatikan,, Umur V-Belt Motor Matic,, Yuk Simak Ulasannya

Tips Perawatan Pada V-belt

Adapun untuk beberapa tips dalam melakukan perawatan pada v-belt motor diantaranya:

Rutin Melakukan Pemeriksaan

Rutinlah melakukan pemeriksaan pada ruang bagian CVT “Continously Variable Timing” setiap kelipatan 8.000 km. Pemeriksaan secara visual pada kondisi V-belt penggerak terhadap keretakan dan getas.

Pastikan Bebas Debu

Bersihkan ruang bagian CVT dari debu dan kotoran sebab debu dan kotoran yang menempel dapat mempengaruhi kinerja V-belt.

Perhatikan Masa Pakai

Untuk hal ini lakukan pergantian V-belt secara rutin sesuai ketentuan masa pakai dan jarak temouh V-belt motor kalian. Selain melakukan perawatan terhadap V-belt motor kalian, maka itu sopanlah dalam berkendara. Hindarilah memutar gas secara mendadak supaya motor kalian memilki kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini mempengaruhi masa tempuh V-belt kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Wajib Untuk Diperhatikan,, Umur V-Belt Motor Matic,, Yuk Simak Ulasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂