Motor Vario 125 Bore up Jadi 170 cc

Posted on

Motor Vario 125 Bore up Jadi 170 cc – Motor injeksi susah untuk diotak-atik mesinnya !! siapa bilang ?? untuk sekedar meningkatkan performa.

Buktinya sekarang ini kebanyakan skutik-skutik yang berinjeksi sudah banyak kita jumpai diarena balap. Yang salah satu skutik dengan sistem teknologi injeksi yang biasa sering di upgrade performanya yaitu Honda Vario 125.

Tips Motor Vario 125 Bore up Jadi 170 cc

Untuk Honda Vario 125 ini dijual dengan dua variant yaitu versi standard an versi ISS. Perbedaan dari keduanya terletak pada desain striping, speedometer serta teknologi ISS itu sendiri.

ISS atau Idling Stop System ialah sebuah teknologi yang memungkinkan kendaraan anda akan mati secara otomatis beberapa detik saat posisi idle. Untuk menghidupkan kembali cukup hanya dengan memutar handle gas.

Bila anda salah pengguna Honda Vario 125 dapat melakukan upgrade performannya dengan melalui langkah-langkah berikut ini.

Bahkan vario 125 ini dapat dibore up hingga 170 cc dan bisa digunakan untuk harian bahkan untuk yang biasa touring.

Tips Motor Vario 125!! Bore up Jadi 170 cc “Aman Buat Harian”

Bore Up Vario 125 ( Blok, Seher Dan Injektor )

Dalam membore up pada vario 125 untuk harian memang tidak mengubah secara ekstrim. Untuk menambah kapasitas ruang bakar salah satunya dengan mengganti blok mesin dan seher aftermarket yang berdiameter 61 mm.

BLOK DAN SEHER 61 MM

Dengan hanya penggantian dua komponen tersebut kapasitas mesin sudah membengkak hingga mencapai 170 cc. karena pada ruang bakar semakin besar maka injektor sebagai pemasok bahan bakar juga perlu disesuaikan. Untuk alternatifnya dapat menggunakan injector kepunyaan Honda PCX 150.

Baca Juga :  Cara Merawat Motor Sudah Di Bore up Harian

Bore Up Vario 125 ( Sektor CVT )

Selanjutnya masuk ke sector CVT, agar pada tarikan lebih enteng pada komponen roller perlu diganti, dapat dengan menggunakan roller besutan TDR dengan memiliki berat 15 gr.

ROLLER TDR

Pada bagian pulley depan diganti dengan memiliki kemiringan agak tirus, dengan alternative dapat menggunakan pulley merek SPS. Per CVT milik Honda dapat diaplikasikan guna untuk menahan kampas kopling ganda.

Bore Up Vario 125 ( Knalpot )

Dan yang terakhir untuk memperlancar pada aliran gas buang, knalpot berlabel tsukigi dapat diaplikasikan pada Vario menjadi 170 cc anda.

Bore Up Vario 125 ( Hasil Akhir )

Dengan perubahan tersebut tenaga yang akan dihasilkan pada motor vario yang tadinya berkapasitas 125 cc inipun terdongkrak cukup besar. Tenaga yang sebelumnya hanya 9 dk pada putaran 8.900 rpm kini menjadi naik hingga 12,99 dk pada putaran 7.700 rpm. Torsi maksimum yang dihasilkan pun menjadi bertambah yaitu dari 8.54 pada putaran 5.700 rpm menjadi 12.92 Nm pada putaran 5.800 rpm.

Demikinlah pembahasan mengenai Motor Vario 125 Bore up Jadi 170 cc semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂