√ Cara Mudah Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor,,, Yuk Simak

Posted on
√ Cara Mudah Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor,,, Yuk Simak
5 (100%) 1 vote

Water Pump – Dalam hal ini motor masa kini yang dirancang berperforma tinggi sekaligus tetap efisien, rata-rata menggunakan radiator sebagai komponen pendinginnya. Tidak cukup lagi sekedar embusan angin seperti ditemukan pada motor berteknologi lawas.

Yang pakai radiator biasanya mesin yang memiliki kompresi tinggi, yang perbandingannya 10,7 : 1 ke atas. Motor dengan kompresi tinggi akan menghasilkan panas yang lebih tinggi pula, makanya dibutuhkan radiator untuk menjaga suhu mesin. Nah untuk ulasan kali ini kami akan mengulas mengenai Water Pump bagaimana cara mendeteksinya, untuk lebih jelasnya simak pemaparan dibawah ini.

Cara Mudah Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor,,, Yuk Simak

Fungsi Water Pump

Salah satu komponen pada sistem pendingin ialah water pump atau pompa air. Tanpa adanya water pump maka air pendingin tidak dapat bersirkulasi sehingga tidak akan mungkin terjadi pendinginan pada mesin. Jika tidak ada pendinginan tentu saja akan dapat menyebabkan mesin menjadi over heating.

Fungsi dari water pump atau pompa air sendiri berfungsi untuk memompa air agar air pendingin dapat bersirkulasi pada bagian-bagian mesin melalui water jacket guna untuk melakukan pendinginan water pump atau pompa air berputar sesuai dengan putaran mesin.

Cara Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor

Pada sistem pendingin radiator pasti membutuhkan water pump “pompa air” dalam kinerjanya. Water pump ini memiliki fungsi untuk memompa cairan agar cairan pendingin dapat bersirkulasi ke jeroan komponen mesin.

Simak Juga :   [Cukup Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion

Namun setiap komponen di motor pasti mengalami kerusakan, lalu gimana cara deteksi water pump rusak ?? Cara mudahnya dengan mengecek bagian tabung reservoir. Bila tabung reservoir selalu mengalami kekurangan dibawah batas low, itu bisa disebabkan dari water pump yang bocor.

√ Cara Mudah Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor,,, Yuk Simak

Tapi cek juga kondisi selang dan bagian radiator bila masih bagus berarti memang benar dari water pumpnya. Dan selanjutnya untuk mendeteksi kerusakan water pump bisa dilihat dari kondisi oli mesin.

Kondisi water pump yang rusak atau bocor akan masuk ke bagian dalam mesin dan oli akan bercampur dengan air radiator. Untuk ciri oli yang tercampur dengan air akan berubah warna menjadi kecoklatan mirip kopi susu.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Deteksi Water Pump Radiator Yang Rusak Di Motor,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂